Zulkarnaen : Warga Medan Bisa Cetak Sendiri Dokumen Kependudukan Melalui Mesin ADM

MEDAN.SSOL.Com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan telah memiliki mesin Anjungan Disdukcapil Mandiri (ADM).

Melalui mesin ADM, saat ini warga Kota Medan bisa mencetak sendiri dokumen Kependudukannya.

Warga Medan pun tak perlu lagi ngantre ke Kantor Disdukcapil Medan.

Apalagi, kini warga sudah bisa menggunakan fasilitas daring atau sistem online. Yakni dengan Aplikasi Sibisa. Kamu mengaksesnya melalui https://sibisa.pemkomedan.go.id.

Selain itu, Disdukcapil Medan sudah mengembangkan sistem daring ini bekerjasama dengan Kantor Pos. Agar masyarakat tinggal menunggu di rumah. Dokumen kependudukan yang dibutuhkan akan diantar petugas Kantor Pos.

Kepala Disdukcapil Kota Medan, Dr Zulkarnain MSi mengatakan, semua itu sebagai upaya transformasi digital Disdukcapil Kota Medan atau Disdukcapil Go Digital.

“Ini diharapkan akan semakin mempermudah dan mempraktiskan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan dan catatan sipil. Warga Medan sudah bisa menggunakan fasilitas daring. Kami juga sudah melaunching Anjungan Disdukcapil Mandiri (ADM). Masyarakat bisa mencetak sendiri administrasi kependudukan yang dibutuhkan. Tanpa harus difasilitasi oleh petugas-petugas Disdukcapil. Kami juga akan bekerjasama Kantor Pos. Semua diharapkan berjalan daring. Kami yakin pelayanan seperti ini akan membahagiakan masyarakat,” ungkap Zulkarnain lagi, seperti dilansir dalam video yang diposting di Facebook Humas Pemko Medan, Jumat (13/11/2020).

Selanjutnya, Zulkarnaen juga mengimbau bagi warga Medan yang belum memiliki KTP elektronik agar segera mengurus.

“Khususnya bagi anak-anak remaja yang memasuki usia 17 tahun pada 9 Desember 2020 nanti. Karena ini adalah momentum demokrasi, supaya semua warga yang berhak memilih dapat menggunakan hak pilih,” harap nya.

Rafli Pasha