Warga Merasa resah, Ada penebangan Liar dikawasan Hutan Desa Simaninggir.

Tapanuli tengah,SSOL.Com- Warga Desa Simaninggir kecamatan Sitahuis, kabupaten Tapanuli tengah, Provinsi Sumatera Utara, mengaku resah akibat adanya aktivitas penebangan kayu dikawasan hutan di Daerah itu.

Warga mengkhawatirkan akan adanya bencana longsor yang lebih besar dari yang biasanya mengingat daerah itu merupakan daerah rawan longsor.

Bencana longsor yang menelan korban jiwa pernah terjadi di Desa Simaninggir pada tahun 1990 an, Puluhan jiwa tewas setelah terjatuh kedalam jurang sedalam 250 meter bersama kendaraan yang mereka tumpangi akibat terdorong material tanah dan batu.

Aktivitas penebangan kayu dikawasan Hutan di Desa Simaninggir disampaikan langsung oleh salah seorang warga yang mengaku bermarga S kepada awak Media ini.

S mengatakan bahwa dirinya beserta beberapa warga lainnya menemukan potongan kayu yang sudah diolah dikawasan sumber mata air yang mereka gunakan sebagai sumber air bersih yang mereka gunakan sehari-hari.

Bersama Rekannya S mengabadikan tumpukan kayu temuannya dalam bentuk foto dan video berdurasi dua menit.

Kepada awak media ini S mengatakan, kami meminta agar para awak media mau Mempublikasikan aktivitas penebangan liar di daerah kami ini, sebab kami sangat resah akan hal ini”, tuturnya saat ditemui awak media ini pada Rabu,(19/05).

“, Selain dapat merusak lingkungan di daerah kami ini yang berpengaruh pada sumber mata air yang kami gunakan, juga dapat mengakibatkan terjadinya bencana longsor yang lebih besar”, lanjut S.

Bapak-bapak kan tahu, masih S, bahwa kawasan pegunungan di desa Simaninggir ini rawan longsor, jadi kami mohon pak agar dipublikasikan lah keluhan kami ini, biar ditanggapi oleh pihak-pihak yang berwenang, soalnya kalau kami mau melapor tidak tahu mau mengadu sama siapa”, pinta S.

Hasil kayu olahan yang ditemukan warga dikawasan Hutan Desa Simaninggir juga kerap dilihat warga diangkut keluar dari daerah itu.

Sementara itu, pihak Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, yang dicoba dikonfirmasi melalui Kepala Kantor UPT KPH,(Kesatuan Pengelolaan Hutan) yang berada di jln.Oswald Siahaan Kecamatan Pandan, tidak berhasil.

Kepala Kantor UPT KPH Wilayah X Pandan, H.Br Situmeang tidak berhasil dikonfirmasi awak media ini terkait upaya penertiban aktivitas penebangan Liar diwilayah kerjanya.

Salah seorang Staf yang ditemui pada Kamis,(20/05), menjelaskan kepada awak media ini bahwa pimpinan mereka sedang tugas luar.

“, Kepala Kantor kami sedang Tugas Luar pak, staf yang berkompeten memberikan keterangan kepada bapak juga pada tugas luar, kami hanya pegawai honorer pak, kalau boleh Minggu depan saja datang pak untuk konfirmasi”, tandas Staf di Kantor UPT KPH X Wilayah Pandan tersebut

.(Ferry Sitohang)

LEAVE A REPLY