Wabup Tapsel : ASN Harus Mempedomani Norma-Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria

TAPSEL, SSOL-Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan ( Pemkab Tapsel ), mengharapkan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) harus dapat mempedomani norma-norma, standar, prosedur dan kriteria dalam menjalankan urusan pemerintahan, karena hak dan kewajiban aparatur sipil negara telah diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Hal tersebut disampaikan Wabup Tapsel Ir. H. Aswin Efendi Siregar saat menjadi pembina upacara Hari Kesadaran Nasional di halaman Perkantoran Pemerintah Tapanuli Selatan, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Senin (18/2).

Dalam arahannya, Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu yang diwakili oleh Wabup Tapsel Ir. H. Aswin Efendi Siregar dalam amanatnya menyampaikan, upacara hari kesadaran nasional yang pada saat ini kita laksanakan, tentunya mengingatkan kita semua tentang pentingnya kewajiban aparatur sipil negara dalam melaksanakan tugas untuk mengabdi dan melayani masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin terbuka, tentunya akan menimbulkan tuntutan pemerataan termasuk masalah tenaga kerja, angkatan kerja dan lapangan kerja serta yang paling menjadi perhatian kita bersama adalah masalah pengangguran.

Oleh karena itu, berdasarkan jumlah penduduk di Tapanuli Selatan sekitar 278.587 orang dengan memiliki angkatan kerja sebanyak 180.906 orang, tentunya ini menjadi masalah serius karena angkatan kerja yang semakin terus bertambah dan angka pengangguranpun akan meningkat bila tidak diimbangi dengan lapang kerja yang tersedia. Untuk itu Pemkab Tapsel melalui Dinas Ketenagakerjaan telah melakukan upaya untuk mengatasi permasalah yang muncul saat ini, dengan upaya pemberian pelatihan keahlian kepada masyarakat angkatan kerja baik langsung ke Desa maupun di Balai Latihan Kerja (BLK) Tapsel yang antara lain pelatihan montir sepeda motor, pelatihan las listrik, pelatihan komputer, pelatihan menjahit dan pelatihan tata rias. Selain itu Dinas Ketenagakerjaan juga terus berupaya melaksanakan pendekatan kepada beberapa perusahaan untuk bisa bekerjasama dan mengutamakan dalam penerimaan tenaga kerja lokal daerah.” ungkap Wabup Tapsel dalam arahannya Bupati.

Melalui hari kesadaran nasional, saya berharap kepada seluruh OPD di lingkungan Pemkab Tapsel mulai dari tahap perencanaan kerja agar melakukan kajian secara mendalam baik secara administratif maupun normatif dengan memperhatikan berbagai peraturan yang berlaku.

Wabup mengatakan, melalui momentum peringatan Hari Kesadaran Nasional ini, para ASN harus mampu meningkatkan sinergitas, kekompakan, persatuan dan kesatuan sehingga nantinya akan terwujud good government dan clean government di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, tutup Aswin.

Upacara dihadiri oleh Sekadakab Tapsel Drs. Parulian Nasution dan ratusan peserta upacara yang terdiri dari pejabat eselon II, III dan IV beserta seluruh staf di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan.

Martin Gabe