Tim F1QR TNI-AL Tanjungbalai Amankan Seratusan TKI Asal Malaysia

Kisaran, SSOL.Com – Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Asahan mengamankan lagi 124 tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal dari Malaysia yang memasuki perairan Indonesia melalui jalur laut di Pantai Bersaudara Desa Simandulang, Kecamatan Kualu Ledong, Labuhan Batu Utara.

Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan (TBA) Letkol Laut (P) Dafris Datuk Syahrudin, dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan pada Kamis (14/05) kemarin , mengatakan Tim Fleet One Quick Response (F1QR) dengan menggunakan Patkamla TBA I-I-61 dan Patkamla Pulau Jemur sedang melaksanakan patroli.

Dafris menguraikan saat personil melakukan patroli pada  Rabu (13/05) malam,kondisi cuaca sedang kurang bersahabat ketika itu angin bertiup kencang disertai gelombang air laut yang mencapai ketinggian 1,5 meter hingga 3 meter.

Pada malam itu,sekitar pukul 21.00 WIB, Tim F1QR mendapat informasi dari nelayan bahwa nelayan ada melihat sekelompok orang di Pantai Bersaudara, Desa Simandulang yang sedang berusaha menuju dataran.

Ditambahkan Dafris, Tim F1QR kemudian  melakukan pengejaran, dan mendapati ratusan TKI yang diduga baru mendarat setelah melakukan perjalanan dari Negara Malaysia melalui jalur tidak resmi/ilegal.Namun kapal yang mengangkut para TKI tersebut tidak kelihatan lagi, kemungkinan  sudah melarikan diri sebelumnya.

Setelah melakukan pemeriksaan awal di lokasi, Tim F1QR membawa para TKI ilegal itu ke Tanjung Balai Asahan melalui jalur laut dengan dibantu oleh nelayan,papar Dafris.

Ratusan TKI tersebut tiba Kamis (14/05) dini hari di Tanjungbalai dan langsung dilakukan Protokol Kesehatan penanganan COVID-19 oleh Tim Kesehatan Lanal TBA, yakni dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan, serta pemeriksaan barang bawaan.

Rusli E Sitorus