Sekjen TPO Prof Dr Kim Soo – IL Harapkan Presiden Jokowi Buka Kongres TPO

Pangururan, SSOL- Sekjen Tourism Promotion Organization (TPO) Prof Dr Kim Soo – IL berharap Presiden Joko Widodo membuka Konferensi TPO yang akan dilangsungkan tahun 2021 di Samosir. “Kita harapkan dibuka Bapak Presiden Jokowi” ujar Dr Kim dalam konferensi pers di Rumah Dinas Bupati Samosir di Pangururan, Selasa (29/10).

Didampingi Kepala Dinas Pariwisata Sumut Ria Telaumbanua, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Kadiskominfo Samosir Rohani Bakara, Dr Kim menjelaskan konferensi itu diikuti puluhan negara se-Asia Pasifik dan Sumut dalam hal ini Samosir akan menjadi tuan rumah dan menjadi salah satu dari kabupaten penyelenggara.

TPO adalah organisasi promosi wisata yang akan memperkuat dan bertukar informasi mengenai pengembangan pariwisata, yang keanggotaannya terdiri dari 15 negara (124 kabupaten/kota, se – Asia Pasifik).

Dengan masuknya Samosir menjadi anggota TPO, ujar Bupati Samosir Rapidin Simbolon menimpali, akan semakin mempercepat kemajuan pariwisata Kawasan Danau Toba khususnya Samosir.

Konferensi TPO yang akan diikuti 1.500 peserta ini, menurut Rapidin Simbolon, sepenuhnya akan dibantu Menko Luhut Binsar Panjaitan. Bantuan penuh ini disampaikan Luhut Panjaitan ketika dilaporkan Rapidin ke Jakarta.

Menyukseskan perhelatan besar ini, dipaparkan Rapidin Simbolon maupun Ria Telaumbanua, berbagai sarana penunjang akan ditingkatkan dari anggaran daerah maupun pusat.

Sebelumnya Dr Kim dan seluruh rombongan diulosi di rumah dinas bupati dan sudah pula berkunjung ke Kampung Ulos di Lumban Suhi-suhi.

Efendy Naibaho