Sekda Tapteng Buka Forum OPD Dalam Rangka Penyempurnaan Ranwal RKPD Tahun 2020

TAPTENG, SSOL – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaksanakan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka penyempurnaan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020. Di gelar di ruang rapat Bappeda Tapteng, kemarin Senin (04/03/2019).

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Hendri Susanto Lumbantobing, didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ir. Aris Sutrisno dan Kepala Bappeda Basyri Nasution, SP membuka Forum OPD secara resmi.

Dalam sambutannya, Sekda Tapteng mengatakan seluruh Pimpinan OPD yang hadir agar mengintensifkan usulan program/kegiatan berdasarkan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati pada RPJMD Kab. Tapteng Tahun 2017-2022, juga selaras dan sinkron dengan perencanaan pemerintah atasan hingga kementerian.

“Kami mengharapkan dalam pelaksanakan forum ini, tolong diintensifkan program Koordinasi lintas OPD, juga sinkron dengan pemerintah atasan, hingga kementrian terkait. Prioritas utama pendidikan dan kesehatan, ini adalah Program Nasional. Semua OPD membuat Rencana Kerja (Renja) dengan acuan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah,” kata Hendri.

Menurutnya, seluruh Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng diharapkan dapat memanfaatkan Forum OPD dengan sebaik-baiknya, mengacu pada dokumen perencanaan yang telah ditetapkan, selaras dan sinkron dengan perencanaan pemerintah atasan.

Dia menambahkan, pentingnya koordinasi yang berkualitas antar OPD. Tidak boleh OPD berdiri sendiri-sendiri namun sinergi lintas sektor untuk mensukseskan tahapan pembangunan yang tetuang dalam RPJMD. Para Camat juga mempersiapkan terkait dana desa dan kelurahan. Seluruh Pimpinan OPD terkait berupaya untuk membuat terobosan peningkatan sumber pembiayaan dan percepatan pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat.

Sementara, Basyri Nasution kepala Bapeda mengatakan Forum OPD ini sangat penting dan bermanfaat dalam rangka koordinasi untuk menyempurnakan Ranwal RKPD Kab. Tapteng Tahun 2020.

“Forum ini sangat bermanfaat. Kita bersatu membangun Tapteng. Kita harapkan, kita koordinasi terus. Regulasi yang menjadi acuan dalam penyusunan dokumen perencanaan ini adalah Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional hingga Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017. Forum Perangkat Daerah/lintas Perangkat Daerah merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat dan dunia usaha (pemangku kepentingan) untuk menyempurnakan rancangan kebijakan penyusunan Renja Perangkat Daerah. Hal ini menunjukkan dalam pendekatan perencanaan menggunakan sistem bawah atas (bottom-up planning) berdasarkan asas demokratisasi dan desantrilisasi,” papar Basyri.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, melalui Forum OPD ini sebagai wahana membahas Rancangan Renja Perangkat Daerah kabupaten/kota dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari Musrenbang Kecamatan, sebagai bahan untuk menyempurnakan Rancangan Renja Perangkat Daerah kabupaten/kota, yang difasilitasi oleh Perangkat Daerah kabupaten/kota terkait.

“Tujuan pelaksanaan Forum OPD ini untuk menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan untuk Renja Perangkat Daerah kabupaten/kota, mempertajam indikator, serta target kinerja program dan kegiatan Perangkat Daerah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Perangkat Daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran, sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah, menyesuaikan pandangan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing Perangkat Daerah,” tandasnya.[]

IWAN PAKPAHAN