SAH ! BANTUAN SOSIAL BERAS UNTUK KPM PKH SIAP DISALURKAN.

Tanjungbalai-SSOL.Com-Pelaksanaan Bantuan Sosial (BSB) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Tanjungbalai sah dan siap untuk disalurkan.

Sesuai rapat koordinasi yang dilaksanakan di Cafe Angel dijalan Pahlawan Kota Tanjungbalai, hadir dalam pelaksanaan rapat tersebut Kabid Linjamsos Dinas Sosial Propinsi Sumatera Utara Bapak Marmin Milala, Kadis Sosial Tanjungbalai M.Idris.SKM.SH, Kordinator Wilayah PKH Propinsi Sumatera Utara M.Ilham,SH, Kabid Linjamsos Kota Tanjungbalai Siti Fatimah,SE,M.Ap, Kasi Linjamsos Dinas Sosial Kota Tanjungbalai,Pihak Bulog Kisaran Bapak Kurnia dan Bapak Samuel Lubis, Pihak Pendistribusi / Transporter Bapak.M.Yusuf, dan Pendamping PKH Se-Kota Tanjungbalai.

Rapat Koordinasi BSB merupakan bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia terkait Covid-19, yang penganggarannya dibebankan kepada APBN.

Dalam kegiatan tersebut dibahas juknis yang diberikan oleh Kementerian Sosial Petunjuk Teknis Bantuan Sosial TA yang ditandatangani Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto di Jakarta bulan Agustus 2020.

Menurut Kabid Linjamsos Dinas Sosial Propinsi Sumetara Utara Marmin Milala,SE, Bantuan Beras Sosial untuk PKH di Kota Tanjungbalai harus memastikan beras tersebut sampai kepada masyarakat dan pendamping harus mensosialisasikan secara baik,karena ini bantuan sosial.

“kita berharap para pendamping bisa memastikan beras tersebut sampai kepada masyarakat dan mensosialisasikan BSB untu KPM PKH ini secara baik sebab ini adalah bantuan sosial”.kata Marmin (Jumat/18/09/2020).

Sementara Kepala Dinas Sosial Kota Tanjungbalai, memperjelas dengan beberapa pertanyaan yang kemungkinan jadi persoalan dikemudian hari, seperti jadwal penyaluran oleh transporter yang bertanggung jawab terkait pendistribusian sampai kepada KPM PKH,dalam hal ini PT.BGR, kemudian Buloq merupakan BUMN yang di tunjuk oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia yang bertanggungjawab sebagai penyedia beras.

“yang tetap menjadi pertanyaan kita adalah hambatan dan kendala yg kemungkinan akan kita hadapi,seperti terkait pendistribusian beras,kondisi keamanan beras pada titik dan lokasi serta jadwal yang ditetapkan.” ungkap Idris.

Sementara itu Pihak PT.Bhanda Ghara Rekso (Persero), menyatakan akan bertanggungjawab terkait suluruh hal yang berhubungan dengan pendistribusian beras termasuk harus sampai kepada KPM PKH,dengan tetap meminta bantuan kepada pendamping demi kelancaran pendistribusian tersebut.

“kami dari pihak transportir akan maksimal dalam pendistribusian ini, dan akan bertanggungjawab secara penuh, dan kami juga meminta bantuan kerjasama yang baik kepada seluruh PDP PKH Kota Tanjungbalai yang akan bertugas dilapangan”.jelas M.Yusuf selaku Menager dari PT.BGR.

Sedangkan menurut korwil PKH, tugas Pendamping PKH Kota Tanjungbalai adalah untuk memastikan bahwa KPM PKH mendapatkan sesuai dengan jumlah sebanyak 15 kg/bulan selama 3 bulan Agustus-September dan Oktober 2020,dengan kualitas medium dan harus langsung sampai kepada KPM PKH Kota Tanjungbalai,sesuai dengan daftar penerima SP2D bulan Juli Tahun 2020.

Untuk titik distribusi sudah dikoordinasikan kepada 31 kelurahan di 6 Kecamatan yang bertempat di kantor Kelurahan, E-Warong Kube Jasa PKH dan rumah ketua kelompok sebanyak 9124 KPM PKH.

Rencananya, BSB untuk KPM PKH tersebut akan disalurkan dalam waktu dekat setelah Dinas Sosial Kota Tanjungbalai memastikan kualitas dan ketersediaan beras yang akan didistribusikan di gudang penyimpanan Bulog kisaran pada hari senin mendatang.

Hermansyah C