Saat Rapat Paripurna Istimewa HUT, Walikota : “Berhasil Kendalikan Laju Inflasi

Padangsidimpuan, SSOL-Mencermati catatan perjalanan pembangunan Kota Padangsidimpuan sepanjang tahun 2018 hingga saat ini, kondisi perekonomian pembangunan Kota Padangsidimpuan terus bergerak kearah yang semakin baik.

Hal ini ditandai dengan angka pertumbuhan ekonomi yang positif 5,45 persen pada tahun 2018. Capaian ini lebih baik dari pada pertumbuhan ekonomi nasional dengan angka 5,17 persen dan untuk Provinsi Sumatera Utara 5,18 persen. Sementara itu PDRB per kapita atas dasar harga konstan, 18.451 juta rupiah setahun setara dengan 1.537 juta rupiah per bulan.

Dalam pengendalian inflasi, Pemko Padangsidimpuan mendapat penilaian yang baik karena berhasil mengendalikan laju inflasi daerah di angka 0,9 persen tahun 2018 dan untuk itu Pemerintah Kota Padangsidimpuan meraih penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award 2019 Provinsi Sumatera Utara dalam kategori TPID Berprestasi wilayah Indeks Harga Konsumen (IHK).

Pertumbuhan ekonomi yang disertai dengan inflasi yang rendah berbanding lurus dengan tingkat kemiskinan yang menurun, dimana tingkat kemiskinan Kota Padangsidimpuan mengalami tren penurunan yang baik .

Pada tahun 2017 sebesar 8,25 persen, menurun pada tahun 2018 menjadi 7,69 persen atau setara dengan 16,79 ribu jiwa. Penurunan ini tidak terlepas dari program-program pembangunan yang dilaksanakan dalam upaya percepatan pengentasan kemiskinan antara lain, dalam 3 tahun terakhir sebanyak 343 rumah warga kurang mampu telah diperbaiki melalui program Rumah Tidak Layak Huni dan pada tahun 2019 ini dilanjutkan sebanyak 308 unit.

Selain itu pemanfaatan dana desa sudah memperlihatkan hasilnya yaitu sebagai penunjang aktivasi ekonomi dan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, Demikian juga halnya dengan keberhasilan penyaluran beras sejahtera (rastra) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada rumah tangga, bantuan BPJS dan bantuan lainnya.

Hal ini diungkapkan Walikota Padangsidimpuan Irsan Effendi Nasution pada rapat paripurna istimewa DPRD dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Pemko Padangsidimpuan yang ke 18, Rabu 16 Oktober 2019.
“ Sebagai masyarakat Kota Padangsidimpuan kita patut bersyukur dengan menjadikan peringatan ini sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi, demi meraih cita cita dan harapan akan masa depan Kota Padangsidimpuan bumi Dalihan Natolu yang kita sayangi dan banggakan ini.”Ujar Irsan.

Dikatakannya, rasa cinta dan rasa memiliki inilah yang memotivasi untuk bekerja mewujudkan Padangsidimpuan yang lebih baik dengan bertolok ukur pelaksanaan Perda Nomor 02 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padangsidimpuan Tahun 2019-2023 dengan Visi Padangsidimpuan Berkarakter, Bersih, Aman dan Sejahtera yang menekankan pada tujuh misi pembangunan.
Walikota, kuga menyampaikan terima kasih atas jasa dan pengabdian kepada para Walikota dan Wakil Walikota terdahulu beserta keluarga dimanapun berada,“Semoga senantiasa sehat Walafiat dalam lindungan Allah SWT, yang kesemua Walikota tersebut telah ikut sama sama membangun kota Padangsidimpuan, menjadi satu mata rantai yang tak terlepas dalam satu kesatuan.
Memperingati Hari Ulang Tahun Kota Padangsidimpuan memberikan makna upaya untuk menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah sebagai fondasi yang sangat bernilai untuk menapaki masa kini dan masa depan , bahwa setiap perjalanan kehidupan akan bermakna jika memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan ke depan mendesain atau merancang sebuah formula masa depan sebagaimana keinginan dan cita-cita didalam RPJPD tahap ke empat yaitu terwujudnya Kota Padangsidimpuan sebagai Kota Pendidikan, Perdagangan, Jasa, dan Pariwisata yang Terdepan di Pantai Barat Sumatera Utara.

Rapat Paripurna DPRD yang dipimpin Ketua Sementara Siwan Siswanto,SH tersebut turut dihadiri Kadis PMD Provinsi Sumatera Utara Ir Aspan Sopyan Batubara, Wakil Walikota Ir. Arwin Siregar, unsur Forkopimda, Pimpinan OPD dan Camat Se jajaran Pemko Padangsidimpuan serta undangan lainnya.

Martin Gabe.