Saat Kunker ke BKPM RI,Efendi Pohan; Akan Dibangun Kawasan Flower Garden di Humbanghasundutan dan Tobasa

Medan, SSOL.Com-Kepala DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara Ir.H.M.A Effendi Pohan.M.Si melakukan kunjungan kerja ke BKPM RI dan DPMPTSP DKI Jakarta, didampingi  Kasi Pengaduan dan Advokasi Joy Land De Farci,SE,M.Si, Kamis, 12/11/2020).

Kunjungan kerja ke BKPM RI dan DPMPTSP DKI Jakarta dalam rangka koordinasi, konsultasi, dan sinergitas program kegiatan Tahun Anggaran berikutnya guna  mendorong peningkatan nilai investasi dan percepatan pelayanan perizinan di wilayah Prov. Sumatera Utara.

Kaban DPMPPTSP Propsu Ir. Efendi Pohan diterima oleh Sekretaris Utama BKPM RI (SESTAMA) Farah Ratnadewi Indriani beserta jajaran nya, kunjungan DPMPPTSP Sumut disambut dengan baik oleh pihak BKPM RI.

Dalam pertemuan forum rapat tersebut banyal hal yang disepakati antara BKPM RI dengan DPMPPTSP Propsu. Sekretaris BPKM RI menyampaikan bahwa pada tahun anggaran 2021, pihak pusat akan memberikan bantuan Dana DAK Non Fisik dari BKPM RI  kepada Pemerintah Daerah dalam bentuk kegiatan Sosialisasi dan Workshop

Selanjutnya untuk tahun 2021 BKPM RI akan menawarkan project strategis di 18 provinsi se Indonesia ( termasuk Sumatera Utara) kepada calon investor, khusus Sumut direncanakan dibangun kawasan Flower Garden diwilayah Humbang Hasudutan dan Toba Samosir, konsep ini mengadopsi Keukenhof Garden Belanda.

Kepala DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara Ir.H.M.A Effendi Pohan.M.Si saat rapat tersebut menyampaikan  akan menyelaraskan program kegiatan di daerah dengan target visi misi Pemerintah Pusat yang tertuang dalam RPJMN 2020 -2024

“ Kami selaku Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara akan menyelaraskan program kegiatan yang ada di daerah dengan pemerintah pusat, hal ini dimaksudkan untuk men-trigger ( memicu) dan merangsang investor agar dapat berinvestasi di wilayah Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Sumatera Utara”.ujar Pohan

Selesai rapat dengan  BKPM RI, Kepala DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan kerja ke DPMPPTSP DKI Jakarta, hal ini dimaksudkan untuk mencari referensi, rekomendasi, dan studi tiru terhadap SOP (Standart Operational Prosedur ) pelayanan perizinan untuk dapat diterapkan di DPMPPTS Prov. Sumatera Utara, salah satunya adalah DPMPTSP DKI Jakarta telah memiliki Mall Pelayanan Perizinan Terpadu yang terintegrasi lintas sektor, modern, berteknologi, nyaman, cepat, dan transparan, tandas Efendi Pohan.

Yola Ginting