Ruas Jalan Nasional P.sidimpuan – Gunung Tua  Rusak Berat dan Berpotensi Mengundang Maut.

PALUTA, SSOL- Kondisi ruas jalan Nasional yang menghubungkan Kabupaten Padang lawas Utara (Paluta) dengan Kota Padangsidimpuan saat ini rusak parah dan berpotensi mengundang maut.

” Kalo gak hati – hati bisa celaka karena jalannya hampir merata penuh lobang dan bergelombang di sepanjang jalan dari  sidimpuan sampai kesini ( Gunung tua Paluta – red) ” ungkap Damanik salah seorang pengendara motor kepada wartawan, Minggu (20/01) di Gunung Tua Padang Lawas Utara.

Jalan merupakan sarana vital sekaligus merupakan jembatan ekonomi, sosial dan aspek kehidupan lainnya. Keberadaan dan pemeliharaan jalan wajib agar tetap layak mesti diperhatikan semua pihak.

Sesuai Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum (PU) No. 631 \/ KPTS \/ M \/ 2009 tentang Penetapan Ruas-ruas Jalan Menurut Statusnya Sebagai Jalan Nasional Bukan Jalan Tol. Ada banyak jalan-jalan di berbagai wilayah kota atau Kabupaten masih berstatus jalan Nasional.

Sedangkan Jalan Nasional, merupakan jalan arteri dan jalan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan antaribukota provinsi, dan jalan strategis nasional, serta jalan tol.

Untuk pembangunan dan pemeliharaan Jalan nasional merupakan tanggung jawab pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

” Dari keterangan Kepmen PU No. 631 \/ KPTS \/ M \/ 2009 tersebut maka diketahui yang paling dominan bertanggung jawab dalam kebijakan atas Ruas jalan Nasional yang menghubungkan Kabupaten Padang lawas utara (Paluta) dengan Kota Padangsidimpuan kurang lebih sepanjang 72 Kilo meter tentunya berada pada Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PU Sumetera Utara “,  ulas Ahmad M.Lubis dari LSM Pemantau Layanan Publik dan Otoritas Penyelenggara Negara (PELOPOR).

Ahmad juga meminta  kepada Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PU Sumatera Utara agar mengambil kebijakan untuk menangani kondisi jalan jalan Nasional yang menghubungkan Padangsidimpuan – Gunung Tua  Paluta tesebut sebelum ada yang jadi korban.

A.Mubin.L