Ranperda RTRW Palas Masih Tahap Evaluasi Gubsu

PADANGLAWAS – Rencananya, bulan Maret mendatang Ranperda Tata Ruang Wilayah (RTRW) kabupaten Padanglawas sudah akan disetujui oleh Gubsu H Tengku Erry Nuradi. Meski sekarang ini pihak pemerintahan Sumatra Utara sedang menggodoknya.

Ranperda RTRW adalah kebutuhan mendasar bagi Kabupaten/Kota dalam penyusun rencana pembangunan. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas) sudah membuat RTRW, dan hal ini sudah mendapat persetujuan dari DPRD Palas pada akhir 2016 yang lalu.

Karena tujuan utama RTRW ini adalah memuat rencana strategis pembangunan, antara lain jalan yang menghubungkan Palas-Madina-Pasaman. Bandara Udara, Taman Buah Kabupaten Palas, Perguruan Tinggi khusus Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan. Kemudian peningkatan Jalan Propinsi Batas Riau-Sibuhuan-Sosopan menjadi Jalan Nasional.

Hal ini disampaikan oleh Kaban Bappeda Palas Hj. Yenni Nurlina, SP melalui Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah M. Khaidir Harahap diruangan Bagian Umum Bappeda Palas, Selasa (30/1).

Khaidir menjelaskan, bahwa RTRW Padang Lawas sekarang ini masih dalam tahap evaluasi oleh Pempropsu. “Sama halnya dengan Kabupaten Samosir yang juga sama dengan Palas, masih dalam evaluasi Gubernur terkait RTRW,” ujar Khaidir.

Dia juga mengaku optimis, bahwa hasil evaluasi Gubernur terhadap Ranperda Tentang RTRW akan didapat paling lambat bulan Maret. “Dan selanjutnya hasil evaluasi tersebut akan kita sampaikan kepada DPRD Palas, kemudian untuk Perda Tentang RTRW dimasukkan dalam lembaran daerah,” ungkapnya.

Ditambahkan Khaidir, adapun garis-garis besar dalam  RTRW Padang Lawas antara lain, Pola Ruang Kawasan Hutan, Pertanian Lahan Basah, Permukiman, Perkebunan, dan Pertanian Lahan Kering. (Jaker /Gemayel)

Editor; Yeni S