Raih Penghargaan KLA Kategori Madya, Kota Tanjungbalai Siap Menuju Kota Layak Anak

Tanjungbalai,SSOL.Com-Bertempat di Command Centre, Dinas Kominfo, Kantor Wali Kota Tanjungbalai, (Kamis, 29/7/2021), Plt Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib didampingi Plt Ketua TP-PKK Hj Fatiah Haitami Waris, Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Darul Yana Siregar, Ketua FKKDAC dan Ketua P2TP2A ( pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak) Kota Tanjungbalai Agus Salim Hutagalung, OPD terkait menerima penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Penghargaan KLA tersebut, diserahkan secara virtual oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Usai mengikuti pemberian penghargaan bersama Menteri PPPA secara virtual, Plt Wali Kota H.Waris Thalib mengatakan, penghargaan KLA ini merupakan sebuah capaian prestasi yang cukup baik bagi Kota Tanjungbalai. Mudah-mudahan, tahun berikutnya Kota Tanjungbalai minimal dapat mempertahankan dan jika kita bekerja keras akan naik ke peringkat Nindya, Utama serta akan menjadi Kota Layak Anak.

“Terimakasih kepada OPD dan unsur terkait yang telah berjuang selama ini. Kedepannya, kita akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat kita, serta selalu memperhatikan fasilitas dan infrastruktur yang ramah anak sehingga apa yang kita raih saat ini dapat kita wujudkan dalam mewujudkan Tanjungbalai menuju Kota Layak Anak melalui program dari setiap OPD yang disinergikan dengan Visi Misi Pemerintah Kota, ” ujar Plt Wali Kota.

Sementara itu, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, dalam rangka mewujudkan SDM berkualitas dan berdaya saing, kita harus bersatu memenuhi hak dan perlindungan khusus anak.

Ada empat hak utama anak, yakni hak hidup, hak tumbuh berkembang, hak mendapatkan perlindungan dan hak partisipasi.

KLA ialah sistem pembangunan berbasis anak, terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan yang ditujukan untuk Perlindungan khusus anak.

“Penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang berkomitmen tinggi dalam memberikan hak dan perlindungan khusus anak. KLA ada beberapa kategori, yakni Kategori Pratama, Kategori Madya, Kategori Nindya, kategori Utama dari KLA,” sebutnya.

Pada Tahun 2021, penghargaan KLA bertambah dari 259 menjadi 279 kabupaten/kota. Ini merupakan hasil dari menguatnya peran seluruh pihak di daerah masing-masing.

“Dengan capaian ini, kami berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada setiap daerah atas kerjasama selama ini. Semoga kedepan kita semakin maju dan selalu menjaga daerah yang layak anak,” tutupnya.

Sementara itu, Kadis PPA dan PMK Kota Tanjungbalai, Darul Yana Siregar mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yg sudah ikut berpartisipasi saat verifikasi dan sumbang saran sehingga kita dapat penghargaan KLA Madya untuk Kota Tanjungbalai tahun 2021.

Hal senada juga disampaikan Ketua Forum Anak, Agus Salim Hutagalung mengatakan akan siap terus mendukung Pemerintah Kota Tanjungbalai melalui OPD terkait dan pihak lainnya dalam menciptakan Kota Tanjungbalai menjadi kota ramah anak dan layak anak. Kita berharap tahun depan kita teropsesi dapat menaikkan capaian penghargaan lagi dari Pratama ke Nindya, paling tidak mempertahankannya, jelasnya.

Hermansyah Caniago

LEAVE A REPLY