Puluhan TKI  dari Malaysia Diserahkan ke Posko Induk Tim GTPP Covid-19 

Kisaran,SSOL.Com- Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan tahap awal terhadap  34 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) illegal asal Malaysia yang terdampar di salah satu gudang terasi di Sei Kepayang Timur, Kabupaten Asahan,mereka diserahkan ke Pos Induk Gugus Tugas Covid19 Kota Tanjungbalai di Kecamatan Sei Tualang Raso, Kota Tanjungbalai.Selanjutnya mereka diharuskan  mejalani proses pemeriksaan kesehatan kembali sesuai protokoler Covid19.

Sebelumnya 34 TKI Ilegal itu diamankan personel gabungan Sat Pol Air Polres Tanjungbalai bersama Sat Pol Air Polres Asahan dan BKO dari Pol Airud Polda Sumut pada hari Kamis (28/05) malam sekitar jam 21.00 Wib.
Para TKI illegal tersebut diduga baru pulang dari Malaysia dan diturunkan lalu ditinggalkan oleh nakhoda kapal tongkang/kapal kayu yang mengangkut mereka dari Malaysia.Puluhan TKI ini lalu ditemukan petugas di gudang belacan yang ada di Sei Kepayang Timur, Kabupaten Asahan.

Pada hari Kamis tanggal 28 Mei 2020, seperti biasanya tim patroli perairan yang merupakan gabungan dari Sat Pol Air Polres Tanjungbalai, Sat Pol Air Polres Asahan dan personilBKO dari Sat Pol Airud Polda Sumut sedang melakukan patroli di perairan Tanjungbalai dan Asahan. Dan sekira jam 21.00 WIB, anggota tim patroli menerima informasi dari seseorang yang mengaku nelayan yang mengatakan, ada sekelompok orang berkumpul di tangkahan gudang belacan di Kecamatan Sei Kepayang Timur, Kabupaten Asahan.

Selanjutnya, usai menerima laporan tersebut, tim patroli segera berlayar menuju lokasi gudang belacan dan menemukan adanya sekelompok orang yang diduga adalah rombongan TKI illegal. Dan dugaan tersebut dibenarkan oleh rombongan TKI illegal yang seluruhnya berjumlah 34 orang terdiri dari laki-laki dewasa 28 orang dan perempuan dewasa sebanyak 6 orang,” ujar Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH.

AKBP Putu Yudha Prawira menjelaskan para TKI illegal tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia Ada yang berasal dari Aceh sebanyak 23 orang,dari Asahan sebanyak 1 orang, Sergei sebanyak 2 orang, Tanjungbalai sebanyak 4 orang, Batubara sebanyak 2 orang, Jawa Tengah sebanyak 1 orang dan Lampung sebanyak 1 orang. Setelah terlebih dahulu dilakukan koordinasi, ke-34 orang TKI illegal tersebut dievakuasi dari gudang belacan, Kecamatan Sei Kepayang Timur, Kabupaten Asahan.

Rusli E Sitorus