Press release pengungkapan kasus Narkoba Mei s/d Juni 2020, Polres Tapsel.

Tapanuli Selatan. SSOL.com-Kepolisian resor Tapanuli Selatan gelar press release pengungkapan kasus tindak pidana narkoba bulan Mei s/d Juni 2020 Satuan Reserse Narkoba ( Sat Resnarkoba ) Polres Tapanuli Selatan, dilaksanakan di halaman Mapolres Tapanuli Selatan , Rabu ( 10 /06/2020) jalan SM Raja Padangsidimpuan, Sumatera Utara.
Dalam paparannya, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH,  didampingi Waka Polres Hamonangan Hasibuan, Kasat Narkoba AKP Eddi Sudrajad, KBO Sat Narkoba Iptu.A.Manullang, Kasubbag Humas Ipda.Aszul Pane dan Kasi Propam Polres Tapsel Iptu.Victor Sihombing serta personil Sat Narkoba.
Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Satresnarkoba telah mengamankan  21 orang tersangka terkait  Kasus Narkoba jenis Ganja dan Sabu dari bulan Mei s/d Juni 2020.
Jumlah laporan polisi terkait narkoba ada 14 kasus,  7 LP di bulan Mei dan 7 LP di bulan Juni 2020, dengan tersangkanya sebanyak 12 orang di bulan Mei dan 9 orang dibulan Juni 2020, saksi yang telah diperiksa dari bulan Mei s/d Juni 2020 sebanyak 28 orang dalam perkara tindak pidana narkotika golongan I sebanyak 14 kasus.
Dengan barang bukti yang ditemukan di bulan Mei, Ganja seberat : 1,90 gram;, Shabu seberat : 0,48 gram;. Sedangkan di bulan Juni 2020, Ganja seberat : 1,54 gram;, Shabu seberat : 1,55 gram dan jumlah keseluruhan ganja 3,44 gram;, Shabu 2,03 gram. Dengan modus operandi memiliki, menguasai, menyimpan dan atau penyalahgunaan narkotika golongan I sebanyak 14 kasus tersebut.
Kapolres Tapsel mengatakan diantara 21 orang ada satu orang Kades yakni Kepala Desa Purba Tua Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara ( Paluta) bernama Panggabean Simbolon (33 th) dan Pasal yang dikenakan sama mereka yaitu pasal 114 Ayat (1),Subs 112 Ayat (1) Subs 111 Ayat (1) UU RI No.35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun, dan pidana denda paling sedikit Rp. 1 Miliar dan paling banyak Rp. 10 Miliar.
Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH, menghimbau kepada masyarakat kabupaten Tapanuli Selatan dan kabupaten Lawas Utara agar menjauhi narkoba yang peredarannya sudah sampai ke pelosok.
” Tolong laporkan kepada kami (personil Polri) baik di Polsek maupun di Polres bila ada mengetahui pemilik, pengguna, dan bandar narkoba di wilayahnya agar dilakukan penangkapan. Peredaran narkoba bisa dicegah masuk ke desa desa apabila masyarakat kompak menolaknya dan melaporkannya ke aparat kepolisian,” tuturr AKBP Roman Smaradhana Elhaj SH MH SIK.
Keberhasilan Polres Tapsel dalam kurun periode bulan Mei dan Juni 2020, dalam meringkus seorang Kades (Kepala Desa) Desa Purba Tua Kecamatan Dolok Kabupaten Paluta dan 20 orang tersangka kasus Narkoba lainnya termasuk seorang wanita yaitu Serlina Siregar alias Yuni.
” Kita berhasil mengungkap sebanyak 14 kasus dengan 21 tersangka termasuk Kepala Desa di Purba Tua Kecamatan Dolok Paluta,” sebut Kapolres Tapsel dihadapan para wartawan.
Sementara Kepala Desa Purba Tua yang berhasil diringkus tersebut adalah Panggabean Simbolon (33), dan dari tersangka Kades ini disita berupa 1 bungkus plastik klip transparan ukuran sedang berisikan Shabu sebuah 0,20 Gram.
Kemudian 1 buah bong yang terbuat dari minuman gelas yang terpasang pipet dan tersambung kaca pirek, 1 buah mancis warna hijau dan 1 bungkus plastik klip transparan ukuran kecil berisi Shabu seberat 0,24 Gram serta 1 unit Sepeda Motor merk Honda Vario warna putih biru tanpa nomor polisi.
Ke 20 tersangka lainnya yakni Fadly Satria, Kadlan Harahap alias Kadlan, Hasan Basri Pardede, Tantowi Elindra, Rizky Prayesa Hutauruk, Salman Gustawi, Isron Harahap, Rudi Mudafrin, Serlina Siregar alias Yuni, Syakirin Putra Hajora Siregar, April Tarihoran, Munawir Siregar, As’ad Nasution, Panggabean Simbolon, Aldi Wijaya Simamora alias Godang, Safaruddin Pulungan, Umar Dani Siregar, Raja Muli Nasution Nasution dan Ansor Idaman.
Dari ke 21 tersangka hampir seluruhnya warga Kabupaten Paluta, Angkola Barat, Sayur Matinggi dan Batangtoru Tapsel.
Turut mendampingi Kapolres Tapsel AKBP.Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH yakni Wakapolres Tapsel Kompol.H.Hasibuan, SH, Kasat Narkoba AKP.Eddy Sudrajat, SH, KBO Sat Narkoba Iptu.A.Manullang, Kasubbag Humas Ipda.Aszul Pane dan Kasi Propam Polres Tapsel Iptu.Victor Sihombing serta personil Sat Narkoba.Dalam konferensi pers tersebut turut dihadirkan ke 21 tersangka dan barang bukti.
Martin Gabe