Presiden RI Ke-3 BJ Habibie Wafat

JAKARTA, SSOL- Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau akrab disebut BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9) pukul 18.03 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

“Ayah saya, Presiden RI ketiga, telah meninggal pukul 18.03, innalillahi wainailaihi,” ujar Thareq Kemal Habibie, di RSPAD, Jalan Abdul Rahman Saleh Raya, Senen, Jakarta Pusat, pada Rabu (11/9) malam.

Menurut Thared, BJ Habibie meninggal dunia akibat penyakit jantung yang dideritanya.

“Kenapa meninggal, sudah menua. Dan memang saya katakan kondisinya memang sudah gagal jantung,” tambah Thareq.

Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan duka cita. “Innalillahi, perkenankan saya atas nama seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah menyampaikan duka yang mendalam, menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Prof BJ Habibie,” ungkap Jokowi di RSPAD, Rabu (11/9).

Jokowi mendoakan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, diberikan kesabaran, dan bisa melanjutkan apa yang dicita-citakan Habibie semasa hidupnya.

Atas wafatnya Habibie disambut dengan penetapan hari berkabung nasional selama tiga hari atau hingga Sabtu (14/9). Keputusan pemerintah itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Istana Negara.

Sebagai penanda hari berkabung, seluruh elemen masyarakat diimbau mengibarkan bendera merah putih setengah tiang hingga Sabtu (14/9).

“Kami mengimbau masyarakat, juga kantor pemerintah baik di dalam maupun luar negeri untuk mengibarkan bendera setengah tiang,” ujar Pratikno. Red.