Prakiraan Balon Bupati Samosir 4 dari Parpol dan 2 Independen

Pangururan, SSOL-Prakiraan bakal-bakal calon Bupati Samosir periode 2020 – 2025 dimungkinkan sebanyak 4 orang dari partai politik dan 2 orang dari perseorangan/ independen.

Hal ini terungkap dalam diskusi ringan komisioner KPU Samosir dengan jurnalis di Cafe Pondok Indah, Pangururan, Selasa (8/10) usai komisioner KPU tersebut bertemu dengan Kapolres Samosir Mhd Saleh.

Diselingi panganan ringan pisang goreng dan kopi Pardosir, komisioner KPU dipimpin ketuanya Ika Rolina Samosir, (Div Keuangan Umum dan Logistik), Robinsar J Barus, Div Teknis Penyelenggaraan, Monang Sinaga, Div Parmas, Sosialisasi dan SDM Gomgom Situmorang, Perencanaan dan Data Barita Charles Malau, Div Hukum dan Pengawasan dan Sekretaris KPU Pahala Sinaga, jumlah para bakal calon itu sesuai perolehan kursi di DPRD Samosir dan jumlah DPT ( daftar pemilih tetap).

PDI Perjuangan meraih 8 kursi, Nasdem 5, PKB 4, Golkar 3, Demokrat 2, Gerindra 2 dan Hanura 1. Dengan raihan itu, masing-masing partai boleh mengajukan hingga sampai empat orang bakal calonnya sedang dari perseorangan asumsi KPU hanya 2 calon saja.

Menurut Ika, asumsi ini karena keterbatasan anggaran dari yang diajukan sebesar Rp 24 miliar yang disetujui hanya Rp 19 miliar saja.

Dua calon independen ini dengan syarat harus memperoleh KTP maksimal 10 persen dari jumlah DPT 93.034 dan harus sudah diserahkan kemudian baru diverifikasi KPU.

Menyambut Pilkada Serentak pada 23 September 2020 ini, menjawab suarasumutonline.com tentang money politik, KPU Samosir nantinya akan melakukan sosialisasi tentang money politik tersebut.

Di Mapolres Samosir, komisioner KPU ini menyampaikan hal-hal terkait pelaksanaan Pemilukada Samosir dan menyerahkan PKPU 15 Tahun 2019 tentang tahapan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2020.

Efendy Naibaho