Polresta Padangsidempuan Siap Amankan Pilkada.

Padangsidimpuan– Kepolisian Resort Padangsidimpuan (Polresta)  gelar acara Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Pemilukada  Serentak 2018 di Stadion HM. Nurdin, Senin (26/02/18).

Acara Sispam tersebut dihadiri oleh Walikota Padangsidimpuan yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Padangsidimpuan, Zulfeddi Simamora, Ketua DPRD diwakili H. Marataman Siregar, Komisioner KPU, Panwaslih, Kapolres Padangsidimpuan, Hilman Wijaya, Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota, Drs. ALIPADA Harahap, Ir. Arwin Siregar, dan Pasangan Rusydi – Rosad Lubis.

Proses jalannya Sispam yang di gelar dimulai dari acara Pemungutan Suara, sampelnya dibuat di TPS X Kelurahan Ujungpadang dan kandidatnya untuk Nomor urut 1 Jagung, Nomor Urut 2 Padi dan Nomor Urut 3 Kelapa.

Saat Perhitungan suara dimulai di KPPS, salah satu saksi dari Paslon 2 Menolak hasil perhitungan dan menilai terdapat kecurangan yang dilakukan KPPS. Dengan Spontan penolakan Saksi nomor 2 itu mendapat respon dari warga dan massa yang diluar area TPS, akhirnya kericuhan pun memanas.

Massa mengobrak –  abrik TPS hingga kotak suara di dilemparkan, bentrok dengan petugas pengamanan kepolisian tidak terelakkan. Amukan massa yang membabi buta membuat petugas PAM meminta tambahan bantuan Pengamanan dan untuk sementara waktu situasi dapat diredakan.

Masih dalam kronologis acara Sispam tersebut, massa ratusan orang mendatangi kantor KPUD Padangsidimpuan dan menuntut pemungutan suara ulang. Pihak PAM dari Kepolisian kembali menghimbau kepada massa agar tidak melakukan tindakan anarkis, namun diabaikan oleh massa dan kembali kericuhan memuncak.

Pelaksanaan Pengamanan yang sesuai SOP kemudian di peragakan jajaran Polresta Padangsidimpuan, mulai dari menerjunkan pasukan anti huruhara,  patroli lengkap dengan senapan laras panjang, Water Canon serta tambahan pasukan dari regu Satpol PP Kota Padangsidimpuan. Simulasi dilanjutkan dengan peragaan pengamanan Kandidat yang dikawal oleh pengamanan melekat dari Polresta menampilkan aksi beladiri tenaga dalam, yang diperagakan oleh perguruan silat Sin Lama BA serta pengamanan aksi baku tembak antara oknum tak dikenal dengan pengawal kandidat.

Kapolresta Padangsidimpuan, Hilman Wijaya kepada wartawan menyampaikan “Melalui peragaan simulasi sispam ini menunjukkan bahwa kita udah siap untuk memberikan pelayanan pengamanan semaksimal mungkin menghindarkan hal – hal yang terjadi pada pemilukada serentak nantinya. Kita juga meminta kepada seluruh pihak agar bersama- sama menciptakan pilkada yang nyaman dan aman, dan tidak menyebarkan berita – berita hoax”tukasnya. (Jaker)

Editor; R. Nasution