Polres Batu Bara Tangkap Amankan 2 Colt Diesel, Saat Membawa Kayu Tanpa Dokumen

Batu Bara. SSOL.COM. Polres Batu Bara menangkap dua mobil colt diesel membawa kayu gelondongan tanpa mengantongi dokumen surat resmi. Perbuatan ini, diduga hampir saban hari pengusaha kayu  melakukan jual beli kayu  di wilayah hukum Polres Batu Bara.

Kapolres Batu Bara AKBP Robin Simatupang, SH. M. Hum melalui Kasat Reskrim AKP Pandu Winata, SH, S. Ik, MH pada press releasenya mengungkapkan pihaknya telah mengamankan 2 truk muatan kayu dan supirnya, Jumat (29/11/2019).

Pengungkapan itu berawal dari informasi masyarakat, Rabu (27/11/2019) bahwa akan ada melintas truk jenis colt diesel membawa kayu bulat jenis kayu durian, lalu tim lidik Sat Reskrim yang dipimpin Kanit Tipiter Ipda BD Sitorus langsung ke TKP. Tak lama kemudian terlihat truk Nopol BM 9168 CA di Jalan Lintas Lima Puluh- Tebing Tinggi.

Jadi, setelah dihentikan, kepada supir truk Indra Kusuma (36) warga Dusun VI Desa Mangkai Lama Kecamatan Lima Puluh Batu Bara dipertanyakan dokumen.

Indra Kusuma mengaku tidak memiliki dokumen dan menjelaskan kayu durian tersebut adalah miliknya yang dibeli dari Banar Damanik di Dusun IV Nagori Panambean Kecamatan Bosar Maligas Kab. Simalungun.

Kepada petugas Indra Kusuma mengaku membeli kayu tersebut seharga Rp. 4,5 juta. Kayu akan dijualnya ke UD Family Jaya milik Amin di Brohol Kota Tebing Tinggi seharga Rp. 7 juta.

Pada hari yang sama, unit Lidik Sat Reskrim juga mengamankan Muhammad Khalik ( 38) warga Desa Pem. Rambai Kecamatan Nibung Hangus Kab. Batu Bara.

Muhammad Khalik ditangkap di Desa Prupuk Kecamatan Lima Puluh Batu Bara karena membawa kayu olahan jenis bira bira tanpa dilengkapi dokumen sah.

Menurut Pandu, keduanya ditangkap untuk menegakkan wibawa Kepala Desa. Seharusnya sebelum mengangkut kayu yang berasal dari hutan rakyat harus menyertakan surat dari Kepala Desa.

Untuk tindak lanjut, Kasat Reskrim mengaku akan melimpahkan kasus ini ke Dinas Kehutanan Provsu UPT KPH Wilayah II Pematang Siantar.

Satreskrim Polres Batu Bara, masih menahan barang bukti dua unit truck colt diesel, guna untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Aci Mukhlis