POLISI RINDU MASYARAKAT (PRM) BENTUK KEPEDULIAN SOSIAL POLRES TANJUNGBALAI KEPADA MASYARAKAT

(Sebuah karya tulis untuk mengikuti “LOMBA KARYA TULIS”
dalam rangka menyambut HUT RI KE 75 )
Penulis : Zulham Efendi.S.Sos.I
Wartawan Media Suara Sumut Online

Kepolisian Resort Kota Tanjungbalai berada di wilayah Propinsi Sumatera Utara dengan yang bermarkas di jalan sudirman tepatnya disamping bersebelahan dengan rumah dinas walikota tanjungbalai, saat ini Polres Kota Tanjungbalai dipimpin oleh AKBP. Putu Yudha Prawira.S.I.K.M.H yang serah terima pada tanggal 21 September 2020.

Secara garis besar kinerja Polres Kota Tanjungbalai berjalan cukup baik, baik dalam penegakan dan penindakan hukum maupun dalam pencegahan dan sosialisasi terhadap kejahatan ditengah-tengah masyarakat,hal ini dapat kita lihat dari perkembangan pemberitaan berita media yang memuat berita kinerja Polres Kota Tanjungbalai, baik ditingkat polsek maupun Polres Kota Tanjungbalai sendiri.

Dijelaskan secara umum sebagaimana tercantum dalam Pasal 13 Undang-Undang No.2 Tentang Kepolisian Republik Indonesia,menyebutkan Bahwa tugas Pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia :

1. Memberikan keamanan dan ketertiban masyarakat.
2. Menegakkan Hukum
3. Memberikan Perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyrakat (Pasal 13 UU Tentang Kepolisian Republik Indonesia).

Dari Penjelasan UU tersebut dapat kita pahami peran Kepolisan Republik Indonesia sangat penting ditengah – tengah masyarakat demi terwujudnya keamanaan dan ketertiban diwilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam tugas pokok kepolisian sesuai dengan maksud UU tersebut, polres tanjungbalai telah menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal, hal ini dapat kita lihat atas peran dan kinerjasalah satu tim polres kota tanjungbalai yakni tim gurita dalam menangkap pelaku curanmor yang telah mendapatkan Apresasi yang cukup besar ditengah-tengah masyarakat, kemudian penangkapan kasus-kasus narkoba yang hampir setiap pekan diberitakan media online dan media cetak, juga mendapatkan perhatian dan apresiasi dari masyarakat.

Demikian pula dengan program Polisi Rindu Masyarakat (PRM) yang digagas oleh Polres kota tanjungbalai dalam rangka pengutan fungsi sebagai mana yang tertuang dalam undang –undang pada point 3 pasal 13, dimana Polres Kota Tanjungbalai memberikan pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat dalam bentuk persuasif dan massif.

Dimana Polres Kota Tanjungbalai melalui Program Polisi Rindu Masyarakat (PRM), melakukan kunjungan kepada tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, yang merurut kami hal ini sangat efektif untuk mensosialisasikan program dan kebijakan polri demi terjaganya keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) melalui peran para tokoh,kunjungan juga dilakukan kepada Organisasi-organiasasi masyarakat, organisasi pemuda, warung kopi serta central-central tempat berkumpulnya masyarakat,yang mana hal ini salah satunya dapat kita lihat dari peran Bhabinkabtibnas disemua tingkatan.

Polres Kota Tanjungbalai sangat peka terhadap kepedulian sosial, dimana dalam hal ini polres dan polsek disemua kecamatan mengunjungi dan menyentuh serta memberikan tali kasih bagi masyarakat yang belum terjaring dalam bantuan-bantuan sosial pemerintah, para lansia, fakir miskin,masyarakat yang memiliki tempat tinggal tidak layak huni,peduli gizi balita dan peduli masyarakat terkena banjir.

Pada saat situasi covid-19 peran Polres Kota Tanjungbalai juga sangat penting, dimana Polres berperan aktif turut serta dalam pendistribusian bantuan covid-19 dari kantor kelurahan sampai dengan kerumah masyarakat secara door to door, bantuan yang didistribusikan adalah beras, minyak goreng dan telur ayam yang dibiayai oleh APBD Kota Tanjungbalai.

Untuk selanjutnya masyarakat Kota Tanjungbalai sangat bergantung kepada Polres Kota Tanjungbalai dalam menjaga keamanan dan ketertiban ditengah-tengah masyarakat, sebab tanpa adanya keamanan dan ketertiban kegiatan ekonomi,sosial dan budaya masyarakat tidak dapat berjalan dengan baik, sehingga akan mengganggu perkembangan pembangunan.

Zulham Efendi.