Plt Wali Kota H.Waris Thalib : Kegiatan Pembinaan Mental dan Spiritual Adalah Sarana Memperkuat Iman, Komitmen Tekad dan Kebersamaan

Tanjungbalai,SSOL.Com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai kembali menggelar pengajian dalam rangka kegiatan “Pembinaan Mental Spiritual Umat Islam bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)” di lingkungan Pemkot Tanjungbalai di Aula Sutrisno Hadi, Kantor Walikota Tanjungbalai, Rabu (22/9) pagi.

Pembinaan mental dan spiritual diisi dengan tausiyah kajian keislaman yang disampaikan Dai dari Kota Medan, Al Ustadz Andi Pranata, yang membahas tema Tauhid.

Dengan materi ceramah nya “Shihatul Ittizah Menuju Pribadi yang Robbani” Ustadz Andi Pranata mengajak seluruh jamaah untuk mengubah pola pikir dan pola hidup masing – masing untuk lebih mengutamakan akal daripada menuruti hawa nafsu.

“Pertama diciptakan Allah lebih dahulu itu akal, baru kemudian Allah ciptakan hawa nafsu. Maka akal, pikiran harus memegang kendali jiwa kita. Akal itu sejak diciptakan mengakui keberadaan Allah. Sementara hawa nafsu sejak awal diciptakan dipenuhi dengan kesombongan. Jika hawa nafsu yang menguasai kita, maka akan merubah sikap kita menjadi keji, munkar dan sesat,” jelas Ust Andi.

Ustadz Andi juga mengingatkan untuk tidak berlaku sombong dan selalu istiqomah bagi ASN dalam mengikuti pengajian bina mental secara rutin agar banyak berubah menjadi lebih baik dan amanah dalam menjalankan tugas dan kewajiban.

“Pemilik sejati itu adalah Allah. Semua kepunyaan Allah. Sombong itu jubah kebesaran Allah. Dia yang mengatur semua. Bapak ibu ASN tidak boleh sombong dalam dunia ini. Semoga bapak ibuk ASN Tanjungbalai rajin mengikuti pengajian kedepan,” tutupnya.

Dikesempatan yang sama Plt Wali Kota Tanjungbalai Waris Thalib bersama Kabag Kesra Pemkot Tanjungbalai Muhammad Fakhrialdi memberikan apresiasi kepada ASN Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkot Tanjungbalai berbentuk Door Prize, atas kehadiran OPD tersebut secara rutin hadir mengikuti pengajian sejak kegiatan Bina Mental pertama kali dilaksanakan 8 September.

“Kegiatan seperti ini merupakan sarana untuk lebih memperkuat Iman, komitmen tekad dengan semangat kebersamaan di antara ASN Tanjungbalai khususnya,” kata Waris Tholib.

Penyelenggaraan ketiga kegiatan Bina mental ASN di lingkungan Pemkot Tanjungbalai diikuti ratusan jemaah yang terdiri dari pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan ASN utusan dari 33 OPD.

Hermansyah Caniago

LEAVE A REPLY