*PKH Batu Bara Raih Penghargaan Terbaik Provinsi

Lima Puluh, SSOL- Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Batu Bara berhasil meraih penghargaan Kabupaten terbaik Graduasi Mandiri Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH tahun 2019 tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Penghargaan ini diberikan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara melalu Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Marmin Meliala kepada Koordinator PKH Kab. Batu Bara Mukhrizal Arif, M.Pd.I pada penutupan kegiatan Workshop komplementaritas dan Graduasi PKH tingkat provinsi yang dilaksanakan di hotel Sibayak kab. Karo pada tanggal 19-21 September 2019.

Mukhrizal Arif memaparkan bahwa sampai dengan September 2019 ini kepesertaan PKH di kabupaten Batu Bara adalah 21552 kpm dimana 1912 kpm diantaranya telah di graduasi mandiri. Graduasi Mandiri yang dimaksud artinya penerima manfaat telah bisa lepas secari mandiri dari bantuan sosial sehingga diputuskan kepesertaannya.

Keberhasilan ini menurut Arif merupakan bentuk kesungguhan SDM PKH Batu Bara dalam menjalankan tugas sebagai pendamping sosial sehingga KPM yang sebelumnya sangat bergantung dan mengharapkan bantuan sosial dari pemerintah dengan pendekatan baik pendamping pkh, kpm kemudian bisa melepaskan diri dari ketergantungan tersebut untuk hidup secara mandiri.

M.Iqbal, SE, Kabid. Linjamsos Batu Bara yang juga hadir dalam kegiatan Workshop PKH tersebut menambahkan keberhasilan ini adalah keberhasilan seluruh tim pkh Batubara yang solid dan terus bekerja keras. Iqbal percaya jika soliditas dan kerja keras ini terus dipertahankan maka PPKH Batu Bara tidak saja mampu menjadi yang terbaik di tingkat provinsi tapi juga nasional.

Secara terpisah Bupati Batu Bara, Ir. Zahir, M.Ap disela kegiatannya menyampaikan apresiasi setingginya kepada SDM PKH Batu Bara. “saya mengapresiasi kerja keras tim PKH Batu Bara, khususnya korkab pkh, adinda arif. teruslah berikan yang terbaik. Pemkab akan terus mensupport berbagai upaya pengentasan kemiskinan di kab. batubara, termasuk pelaksanaan PKH. untuk tahun 2020, kita alokasikan dana sharing APBD Rp. 850.000.000,- untuk mendukung pelaksanaan PKH di Batu Bara”, tutup Bupati yang pernah menjabat Ketua Komisi E DPRD Sumatera Utara ini.

SUHENDRIK