Peringati Bulan Suro Keluarga Besar Pendawa Gelar Ruwatan

Deli Serdang. SSOLCom-Keluarga besar Persatuan Pemuda Jawa (Pendawa)  peringati bulan Suro dengan Meruwat, yang di gelar dikediaman Sunardi ketua Pendawa Ranting Desa Bandar Klippa, sekaligus sekretariat Ranting Pendawa desa Bandar Klippa di Jl. Rahayu Pasar XII Kec. Percut Seituan, Kab. Deli Serdang, Minggu (22/08).

Menurut H Ruslan, SH selaku Pendiri juga Ketua Umum DPW Pendawa Sumatera Utara di dampingi Sobirin Ketua DPC Pendawa Kab.Deli Serdang, saat ditemui disela gelar acara “Meruwat”, mengatakan, ini merupakan tradisi Jawa dimana pelaksanaannya kerap dilakukan di bulan Suro.
Meruwat dalam arti kata ruwat istilah Jawa, adalah sebuah tradisi upacara adat memandikan, yang kerap dilakukan secara turun temurun.
Ruwatan juga memiliki arti membuang kesialan, mensucikan diri, baik pada diri sendiri maupun terhadap orang lain, sehingga bisa berdampak pada kesosialan.

Jadi dengan gelar syukuran dan ruwatan di bulan Suro ini, kita berharap dapat selalu sehat walafiat, dijauhkan dari segala marabahaya dan negara Indonesia ini dijauhkan dari segala bencana khususnya wabah pandemi covid19 yang menjadi momok.

Sedangkan Sobirin menambahkan,¬† gelar ruwatan ini juga dibarengi dengan tari-tarian dan atraksi kesenian berupa angguk dan jaran kepang yang di persembahkan oleh sanggar “Ronggo Jati” binaan Pendawa, ujarnya.

Tampak hadir Edy Riyanto, SE Sekjen DPW Pendawa Sumut, Suparno Humas DPC Pendawa Kab. Langkat, Sairen Sekretaris DPC Pendawa Kab. Deli Serdang, pengurus Pendawa tingkat ranting serta para ibu Srikandi.

(Deddy)

LEAVE A REPLY