Pengaspalan di Jalan Imam Bonjol Tidak Rampung, Dinas PUPR Sibolga Disarankan Perintahkan Rekanan Bongkar Pekerjaan

Sibolga,SSOL.COM-Pemerintah Kota Sibolga, melalui Dinas PUPR pada Tahun 2021 ini sedang melaksanakan perbaikan sejumlah jalan yang rusak di kota Sibolga.

Ruas Jalan Imam Bonjol yang berada di kelurahan Pasar baru, Kecamatan Sibolga Kota, salah satu ruas jalan yang turut dilakukan perbaikan.

Dari amatan, Pengaspalan jalan Imam Bonjol yang dilaksanakan CV PAGAR, tidak rampung, pasalnya sudah dua Minggu berlalu masih ada ruas badan jalan yang belum diaspal.

Proyek Peningkatan Jalan Imambonjol dengan Nomor Kontrak:125/13/PPK-BM/SPP/DPUPR/VII 2021, Berbiaya Rp.1.095.031.000, yang bersumber dari APBD Kota Sibolga Tahun 2021, terkesan ditelantarkan oleh Rekanan Pelaksana.

Hal ini disampaikan langsung oleh salah satu Pengamat Pembangunan di Kota Sibolga,Edy Butar Butar bersama rekannya Anggiat Tambunan, yang merupakan Ketua LSM GALAKSI Sibolga Tapteng, kemarin pada Selasa,(28/09).

Kepada Awak Media ini, Edy Butar Butar mengatakan, dari amatan kami, bahwa pelaksanaan peningkatan jalan di ruas jalan imam Bonjol tidak kunjung selesai, dan terkesan ditelantarkan oleh rekanannya”, sebut Edy.

“,sejak dilakukan pengaspalan, sampai dua minggu berlalu tetapi rekanan belum juga merampungkan pekerjaannya”, lanjut Edy Butar Butar.

Tidak rampungnya pekerjaan peningkatan jalan di jalan imam Bonjol, di duga ada kesalahan pada tahapan pelaksanaannya, sehingga rekanan kena teguran dan pekerjaan tidak diselesaikan.

Dalam menjalankan peran sebagai Quality control yang baik, masih Edy Butar butar, kami sudah melakukan pengawasan sejak pekerjaan peningkatan jalan imam Bonjol dilaksanakan”, katanya.

“, Perlu kami ingatkan, Proyek peningkatan jalan imam bonjol tentu ada jobmix designnya yang sudah disepakati antara Kontraktor, konsultan dan pemberi tugas, hal ini harus di perhatikan rekanan termaksud segi pelaksanaan seperti Trial pemadatan yang disepakati harus dilaksanakan oleh rekanan”, Papar Edy.

Menambahkan keterangan rekannya, Anggiat Tambunan mengatakan, selain kadar aspal tidak sesuai dengan job mix formula ada beberapa faktor penyebab aspal cepat rusak diantaranya, suhu penggambaran saat dituangkan di asphalt finisher harus berada pada suhu 135-150 derajat Celsius”, timpal Anggiat Tambunan.

“, Selain itu, kurangnya pemadatan menggunakan alat berat Tamdem roller dan PTR serta jumlah passing pemadatan yang kurang juga dapat membuat aspal cepat rusak”, Sambung Anggiat Tambunan.

Pada Pekerjaan Peningkatan Jalan di jalan Imam Bonjol, Masih Anggiat Tambunan, kami amati pada LPA(Lapisan Pondasi Atas) nya kurang padat, badan jalan yang sudah diaspal seperti menunjukkan kurangnya komposisi abu batu, hal ini terlihat dari pori-pori badan jalan yang sudah diaspal ukurannya  besar, ini sangat berpengaruh pada kerekatannya”, tegasnya.

“, Pada Pelaksanaan Peningkatan jalan Imam bonjol Kami yakini, bahwa ada tahapan-tahapan dan tata cara pelaksanaan yang kami duga tidak dipatuhi oleh rekanan sehingga pekerjaannya tidak diselesaikan, jika dari apa yang kami uraikan tadi ada yang tidak dipenuhi oleh rekanannya kami sarankan Agar Dinas PUPR Kota Sibolga segera memerintahkan Rekanan membongkar pekerjaannya dan memulainya lagi dari awal, intinya kami duga Peningkatan Jalan Imam Bonjol tidak dirampungkan pasti ada permasalahan yang pelik”, ucap Edy Butar Butar dan Anggiat Tambunan serentak.

Sementara itu, pihak rekanan yang dikonfirmasi awak media ini via seluler, mengaku bahwa pekerjaan mereka di jalan imam Bonjol bukan ditelantarkan namun tidak bisa diselesaikan akibat kerusakan alat berat.

“, Benar bahwa yang dijalan imam Bonjol adalah pekerjaan kami, kami bukan menelantarkan tetapi pekerjaan tidak bisa dilakukan akibat kerusakan alat makanya peralatan kami dari lapangan ditarik, bagaimana kami bisa bekerja kalau alatnya rusak”, kilah Edu Pasaribu saat dihubungi.

Kepala Dinas PUPR Kota Siboga, Ramayana Tambunan beserta PPK, tidak berhasil ditemui awak media ini pada Rabu,(29/09) untuk dikonfirmasi, sampai berita ini diturunkan belum diperoleh informasi resmi dari pihak Dinas PUPR Kota Sibolga, apakah Pekerjaan Peningkatan Jalan Imam Bonjol tidak kunjung rampung benar akibat kerusakan alat atau benar ada permasalahan yang pelik pada tahapan pelaksanaannya.

Ferry Sitohan

 

LEAVE A REPLY