Pendaftaran PPDB di Tapteng Menggunakan Tiga Jalur

TAPTENG, SSOL – Pendaftaran penerimaan peserta didik baru untuk TK, SD, SMP, SMA di Tapteng dibuka mulai 17 – 22 Juni 2019. Hal ini disampaikan Kadis Pendidikan Tapteng Sehat Munthe, diruang kerjanya, Jumat (21/6/2019).

“Pendaftaran PPDB tahun 2019 di Kabupaten Tapanuli Tengah dilakukan secara manual dengan mengisi format yang telah disediakan untuk tingkat TK, SD, dan SMP. Tidak ada seleksi akademik, yang ada seleksi yang diatur Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK,” kata Sehat.

Disebutkannya, Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 mengatur agar PPDB yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk pendidikan dasar wajib menggunakan tiga jalur, yakni jalur Zonasi paling sedikit 90 persen, jalur Prestasi paling banyak 5 persen, dan jalur Perpindahan Orang tua/Wali paling banyak 5 persen.

“Para orang tua silahkan urus pendaftaran anaknya di sekolah pada tanggal yang telah ditentukan. Untuk pendaftaran SD syarat mutlak melampirkan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga dan kelengkapan lainnya di sekolah, demikian juga untuk pendaftaran SMP. Administrasi kependudukannya segera dilengkapi karena paling lambat pendaftaran PPDB pada 22 Juni 2019,” sebut Sehat.

Ia menambahkan, pengumumannya segera diinformasikan setelah direkap seluruh data pendaftaran PPDB berdasarkan jalur Zonasi, jalur Prestasi, dan jalur Perpindahan Orang tua/Wali. Juga kita memperhatikan daya tampung sekolah tersebut.

Sementara itu, pendaftaran PPDB tahun pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Pandan hingga Kamis 20 Juni 2019 sebanyak 257 pendaftar. Pendaftaran PPDB ini dibuka hingga Sabtu 22 Juni 2019.[]

IWAN PAKPAHAN.