Pemko Psp Sosialisasikan Nilai – Nilai Pancasila Tingkat Ormas 

Padangsidimpuan. SSOL- Kantor Kesbangpol Pemerintah Kota Padangsidimpuan, menggelar kegiatan Sosialisasi nilai nilai Pancasila tingkat Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kecamatan Psp Selatan, dengan thema ” Nilai – nilai Pancasila sebagai Filter proses akulturasi budaya global dalam membentuk watak dan karakter Manusia Indonesia seutuhnya” bertempat di aula Hotel Pia Batunadua, Senin (30/4).

Hadir Kakan Kesbangpol Syafaruddin Harahap S.Sos, Camat Psp Selatan Sallim Siagian S.Sos, kasi ormas Tahta Andi Pranata selaku ketua panitia dan para peserta Ormas yang berdomisili di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.

Ketua Panitia Tahta Andi Pranata mengatakan, Pancasila merupakan dasar filosofi negara. Jadi, perlu menjadi fondasi yang kuat bagi generasi muda penerus bangsa. Generasi muda memahami nilai-nilai luar negeri yang masuk bagus, tapi harus paham juga nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Perlunya anak-anak muda diberikan pengarahan dan pemahaman mengenai nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila agar memahami kebangsaan, simbol negara dan nilai-nilai luhur kita Terlebih saat ini Indonesia tengah memasuki era demokrasi bebas yang mudah dipengaruhi nilai-nilai barat.

Sedangkan untuk pemateri yakni, Serma H.M khairuddin (menjabat Datawanwil Kodim 0215/Ts / Koramil_02 kota, M Jusar Nasution, dan Rahmad Timbul Hamonangan S.Pdi (Kasi Kesbang) dimana ketiga pemateri secara bergantian memaparkan tentang nilai nilai Pancasila. Diantaranya, cara membacakan kelima sila dalam pancasila dan tentang membangun karakter  harus membangun wawasan ke depan serta Pancasila terdiri dari 5 dasar yang berupa sila-sila yang terkait dan saling mendasari antara satu sila dengan sila yang lainnya. Pancasila mengandung unsur nilai Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan negara, kerakyatan dalam permusyawaratan atau perwakilan serta keadilan sosial, sehingga kesemua nilai tersebut harus senantiasa dijalankan dan ditanamkan mulai dari sejak dini dengan dasar agama yang diyakini oleh setiap individu.

Kakan Kesbangpol Kota Psp Syafaruddin Harahap S.Sos saat pembukaan acara menyampaikan bahwa nilai nilai pancasila di era globalisasi saat ini sangat penting untuk itu Di era globalisasi ini banyak nilai-nilai Pancasila yang begitu penting telah tergeser oleh nilai-nilai dan pola pikir kebaratan yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia yang ketimuran.

“Hal itu berakibat adanya krisis moral yang terjadi pada bangsa Indonesia di berbagai lapisan masyarakat, mulai dari para elite hingga individu-individu lain. Selain itu hal ini merupakan ancaman bagi bangsa Indonesia untuk menjaga nilai-nilai Pancasila agar tidak tenggelam dengan selalu mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

” Diharapkan kepada semua peserta yang hadir untuk menyimak dan memahami makna dan nilai nilai Pancasila dan merealisasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara” papar Syafaruddin Hrp.

Martin Gabe