Pemkab Tapteng Berangkatkan 84 Orang Jamaah Calon Haji/Hajjah

TAPTENG, SSOL – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) memberangkatkan Jamaah Calon Haji (Calhaj) Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng) Tahun 1440 H/2019 M dari Masjid Al Muslimin Pandan, Selasa (23/07/2019).

Sambutan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Hendri Susanto Lumbantobing.

“Sesaat lagi kita akan melepas keberangkatan para tamu Allah SWT dari daerah kita, yang akan melaksanakan Rukun Islam yang ke-lima. Patut kita syukuri kepada Allah SWT bahwa dalam suasana ekonomi saat ini, Saudara-saudara kita masih dapat menyisihkan rejekinya untuk menunaikan ibadah Haji dan Jamaah Calon Haji/Hajjah untuk tahun ini sebanyak 85 orang yang batal berangkat 1 orang, jadi yang berangkat sebanyak 84 orang,” kata Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 8 Juli 2019, atas nama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah telah sama-sama memberikan doa selamat dan tepung tawar kepada para Calon Haji/Hajjah yang akan kita berangkatkan. Sesuai dengan komitmen kita dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, saya selaku Bupati, pada tahun ini para Jamaah Calon Haji/Hajjah Tapanuli Tengah akan diberangkatkan dari Bandara Dr. FL. Tobing Pinangsori menuju Bandara Internasional Kualanamu.

“Untuk itu, pada kesempatan ini kami menghimbau kepada seluruh Jamaah Calon Haji/Hajjah, tolonglah dijaga kondisi kesehatan mulai sekarang hingga kembali nanti. Pusatkan semua perhatian fikiran Bapak Ibu Jamaah Calon Haji/Hajjah dengat niat yang tulus dan ikhlas semata-mata karena Allah SWT. Kepada para petugas urusan haji kementrian Agama Kabupaten Tapanuli Tengah dan tenaga medis, kami harapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan maksimal kepada Jamaah Calon Haji/Hajjah asal Kabupaten Tapanuli Tengah, mulai dari saat pemberangkatan ini sampai dengan kembalinya nanti,” tutur Bupati Tapteng dalam sambutannya.

“Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah mengucapkan Selamat melaksanakan ibadah Haji. Semoga Bapak dan Ibu Calon Haji dan Hajjah menjadi haji yang mabrur dan mabrurah setelah kembalinya dari tanah suci Mekah,” kata Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Dikesempatan itu, Sekda Tapteng Hendri Susanto Lumbantobing mengucapkan permintaan maaf Bupati dikarenakan ada tugas diluar kota, dan menyampaikan salam kepada bapak ibu Jamaah Calon Haji/Hajjah. Bapak ibu Jamaah Calhaj mendapat fasilitas dari Pemkab Tapteng.

Sebelumnya, Kakan Kemenag Tapteng Rasidin Barasa, menyampaikan Laporan bahwa jumlah jamaah Calhaj 85 orang, yang berangkat 84 jamaah, dan yang batal berangkat 1 jamaah atas nama Hijrah Tanjung dari Kecamatan Pandan.

“Jamaah Calon Haji dan Hajjah Kabupaten Tapanuli Tengah tahun 1440 H/2019 M berjumlah 84 orang, dengan rincian Jamaah Calon Haji (Laki-laki) berjumlah 29 orang dan Jamaah Calon Hajjah (Perempuan) berjumlah 56 orang. Dan rencananya akan diberangkatkan tanggal 23 Juli 2019,” kata Rasidin.

Selanjutnya, para Jamaah Calhaj dilepas oleh Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakili Sekda Hendri Susanto Lumbantobing, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani, dan rombongan di Bandara Dr. FL. Tobing Pinangsori untuk berangkat ke Bandara Internasional Kualanamu.

Turut hadir di pemberangkatan Calhaj itu, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Ketua TP. PKK Tapteng Ny. Citra Bahktiar Akhmad Sibarani, Wakil Ketua TP. PKK Tapteng Ny. Juli Darwin Sitompul, Forkopimda Tapteng, mewakili Kalapas Kelas IIA Sibolga, Sekretaris Daerah Kab. Tapteng dan Sekretaris Daerah Kota Sibolga, Staf Ahli Bupati dan Asisten, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng, dan Jamaah Calhaj Kab. Tapteng, serta keluarga Calhaj.[]

IWAN PAKPAHAN