Pemkab Tapsel Gelar Sosialisasi Ranham

Tapanuli Selatan. SSOL- Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Bagian Hukum Setdakab Tapsel menggelar Sosialisasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RAN-HAM) Tahun 2018 di aula Lianco Mandiri Center (LMC) Jalan Raya Padangsidimpuan – Sipirok KM. 17, Kecamatan Angkola Timur, Kamis (30/8).

Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu melalui Sekretaris Daerah Parulian Nasution dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi ini merupakan bentuk kegiatan penyebarluasan informasi HAM kepada masyarakat, yang tujuannya untuk mewujudkan dan mengembangkan kesadaran HAM pada masyarakat sehingga tercipta budaya HAM dalam bentuk tertib dan taat terhadap nilai-nilai HAM di lingkungan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, ujarnya.

Ranham juga merupakan upaya menerapkan penegakkan HAM dengan memberikan peran penting terhadap pemerintah daerah dalam pelaksanaan aksi Nasional HAM, karena Ranham merupakan komitmen negara Indonesia terhadap penghormatan HAM dengan memperhatikan aspek keberagaman yang harus dipahami guna dijadikan acuan penyelenggaraan kekuasaan negara secara akuntable.

“Selain itu Ranham juga merupakan politik HAM negara dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan HAM bagi setiap orang di Indonesia.”

Untuk itu saya berharap dengan adanya sosialisasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RAN-HAM), untuk dapat diikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh agar nantinya dapat memahami dengan baik, sehingga usai kegiatan ini dapat dilakukan evaluasi pelaksanaan kedepannya sehingga apa yang dibahas hari ini dapat diterapkan ditengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Kasubbag Bantuan Hukum dan Ham Syamsir Alamsyah Harahap dalam laporannya mengatakan, kegiatan sosialisasi ini berdasarkan Perpres RI No. 75 Tahun 2015 tentang rencana aksi nasional hak asasi manusia tahun 2015 – 2019 dan Keputusan Bupati Tapsel No. 188.45/150/KPTS/Tahun 2018 tanggal 6 April 2018 tentang pembentukan panitia penyelenggara sosialisasi ranham dilingkungan Pemkab Tapsel tahun 2018.

Sedangkan maksud dan tujuan sosialisasi ini adalah untuk menyebarluaskan informasi serta meningkatkan kesadaran dan pemahaman terhadap Hak Asasi Manusia (HAM) sehingga tercipta budaya yang tertib dan taat terhadap nilai-nilai Ham di lingkungan unit kerja maupun dilingkungan masyarakat.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh Sekretaris, Kasubbag Program diseluruh OPD dan satu orang pada setiap Bagian Setdakab Tapsel, yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 30 s/d 31 Agustus 2018, bertempat di aula Lianco Mandiri Center (LMC) Jalan Raya Padangsidimpuan – Sipirok KM. 17 Kec. Angkola Timur dengan narasumber Teti Winarti Kabid HAM pada Kanwil Kementerian Hukum dan Ham Sumut dan Desni Prianty Eff Manik pada Kanwil Kementerian Hukum dan Ham Sumut.

Martin Gabe