Pemkab Asahan Akan Tingkatkan PAD dengan Menggunakan Tapping Box

Kisaran,SSOL.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan tahun 2021 ini akan mengunakan Tapping Box (alat perekaman transaksi usaha ) untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Pengunaan alat perekaman data transaksi usaha ini bertujuan memperketat pengawasan terhadap berbagai jenis pajak untuk mengoptimalkan PAD, mempermuda wajib pajak dalam menghitung besar pajak yang akan dibayar dan mempercepat laporan.

“ Selain untuk peningkatan PAD juga sebagai bentuk transparansi pembayara pajak daerah,”ujar Sorimuda Siregar,Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Asahan,Jumat (08/01/21) di kantor Bapenda setempat.

Sorimuda menguraikan,pelaksanaan penerapan tapping box tersebut berdasarkan Peraturan Bupati Asahan no 24 tahun 2020 tentang pembayaran dan pemunggutan pajak daerah secara sstem online.

“ Alat ini akan kita pasang pada sistem yang dimiliki oleh wajib pajak dan terhubung dengan sistem online yang dimiliki oleh Bapenda, Bank Sumut dan KPK,” ujar Sorimuda, sembari mengatakan tapping box nantinya akan dipasang pada data transaksi usaha  wajib pajak di hotel, restoran, hiburan dan parkir.

Rusli E Sitorus

LEAVE A REPLY