Pemkab Asahan Akan Pulangkan TKI Asal Asahan dari Malaysia  

Kisaran,SSOL.COM – Puluhan TKI  asal Asahan yang sebelumnya bekerja di negeri  jiran,Malaysia saat ini kondisinya sangat memprihatinkan.Hal diketahui sesuai laporan salah satu petugas yang ditunjuk oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 melalui Disnaker Kabupaten Asahan.

Setelah melalui berbagai  pertimbangan akhirnya Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Asahan memutuskan segera akan membantu proses pemulangan puluhan warga Kabupaten Asahan yang sebelumnya  berada dan bekerja di Malaysia.

H Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi,selaku juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan  mengkonfirmasi hal ini,Jum’at (01/05).Proses pemulangan kini tengah dalam tahap pengurusan administrasi. Hidayat juga mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Asahan melalui gugus tugas covid-19 telah berupaya secepat mungkin dalam mengurus pemulangan warganya dari Malaysia.

Beberapa tahap juga harus dilakukan termasuk bahan guna pelaporan kepada ketua gugus tugas covid-19 yakni Bupati Asahan,H Surya BSc dan kepada Gubernur Sumatera Utara,ujar Rahmat.

Rahmat juga menambahkan apabila proses administrasi telah selesai maka data tersebut akan diserahkan langsung ke Pemprovsu untuk diurus melalui lintas Kementerian. Dalam hal pemulangan TKI harus melibatkan beberapa Kementerian yakni Kementerian Perhubungan dan bea cukai.

Juru bicara gugus tugas yang juga merupakan Kadis Kominfo Kabupaten Asahan tersebut juga menjelaskan Pemerintah Kabupaten Asahan akan mempersiapkan kapal feri untuk memulangkan para TKI asal Asahan tersebut. Penjemputan akan dilakukan jika berkas sudah sesuai dengan KTP dan KK yang ada.

Rahmat menutup keterangannya dengan berpesan agar masyarakat mendoakan secara bersama-sama semoga  proses pemulangan para TKI berjalan lancar sehingga mereka dapat segera kembali ke Asahan dengan selamat.

Rusli E Sitorus