Parsadaan Toga Siregar”Holong Mangalap Holong Mempererat Tali Siturahmi”

Tapanuli Selatan, SSOL- Parsadaan Toga Siregar (Patogar) se Tapanuli mengadakan kegiatan holong mangalap holong yang bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antara siregar dengan siregar, siregar dengan anak boru dan begitu juga dengan bere yang digelar di Desa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan, Sabtu (17/3/18).

Silaturahmi ini diawali dengan tari manortor dan setelah itu dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia oleh Parlindungan Siregar (Ketua Panitia) mengatakan, pelaksanaan holong mangalap holong bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara siregar dengan siregar, siregar dengan anak boru dan begitu juga dengan bere, jadi terkadang selama ini kita lupa dimana asal kita dan begitu juga dengan keluarga kita, jadi oleh karena itu dengan diadakannya silaturrahmi ini maka persaudaraan toga siregar akan semakin kuat, ujarnya.

Parlindungan Siregar juga mengatakan, keluarga besar Parsadaan Toga Siregar Se-Tapanuli dihadiri sekitar 400 orang yang terdiri dari Kabupaten Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Kota Padangsidimpuan dan Sibolga.

Wakil Bupati Tapanuli Selatan H. Aswin Efendi Siregar selaku Ketua Harian Patogar dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media untuk semakin mengukuhkan persaudaraan di antara keluarga besar marga Siregar, boru dan bere yang bernaung dalam wadah Patogar.

Jadi marilah sama-sama kita jaga kekompakan agar terjalin kebersamaan dibumi dalihan natolu ini, serta mari kita beri motivasi kepada anak-anak kita untuk tetap menjalin silaturahmi sesama Patogar sebagaimana dengan yel yel yelnya Patogar, “Siregar Tegar, Siregar Terdengar, Siregar Tersebar”, paparnya.

Ketua Umum Patogar se Tapanuli AKBP. Drs. Parluatan Siregar, MH mengatakan, “semoga kegiatan holong mangalap holong ini dapat menjalin erat silaturrahmi serta persaudaraan diantara keluarga besar marga siregar, boru dan bere yang bernaung dalam wadah Patogar, jadi marilah sama-sama kita jaga kekompakan dan bahu membahu dalam membangun solidaritas untuk menumbuhkan kembangkan wadah tersebut” imbuhnya. (Mart )

Yahya Martin