Mobilnya Dihujani Tembakan, Kurir Sabu Kabur Naik Angkot

Hamparan Perak, SSOL-Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara (BNNP) Sumut, melakukan pengejaran dan penghadangan terhadap terduga kurir narkoba jenis sabu di Dusun II Batako, Desa Tandam Hulu II, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (14/9) sekira jam 10.00 WIB.

Aksi kejar-kejaran petugas BNNP Sumut dimulai dari Jalan T Amir Hamzah Pasar 4 Kelurahan Jati Utomo kecamatan Binjai Utara. Dalam aksi pengejaran tersebut, mobil yang dikendarai seorang terduga kurir sabu yang diketahui bernama Muhamad Khaidir Purba (41) warga Jalan Bogak Dusun Bunga Jumpa, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, ditembaki petugas.

Meski diduga mengalami luka tembak, kurir yang mengendarai mobil Avanza warna hitam BK 1904 LX berhasil kabur dengan menumpang becak.
Informasi yang dihimpun dari saksi mata, aksi kejar-kejaran sempat terjadi dalam upaya untuk menghentikan kendaraan tersangka.

Dimana, petugas dengan mengendarai mobil berusaha menghentikan pelaku. Sayang, pelaku yang disebut-sebut berada dalam mobil bersama seorang wanita dan seorang anak tak kunjung berhenti.
Tak mau kecolongan, petugas pun melakukan penghadangan dan mengeluarkan tembakan peringatan.

Meskipun sudah dilakukan penembakan ke mobil tersangka, pelaku tak kunjung menghentikan laju mobilnya. Akirhnya, petugas mengarahkan tembakan tepat ke arah pengemudi.

“Aku cuma lihat mobil itu kencang kali lajunya bang, gak lama terdengar suara tembakan,” beber Faisal, salah satu saksi mata.

Beberapa tembakan peringatan petugas tak diindahkan tersangka. Buntutnya, peluru petugas disinyalir mengenai tersangka yang mengendarai mobilnya. Akhirnya, tiga penumpang di dalam mobil Avanza tersebut berhasil kabur dengan menumpangi becak bermotor dan meninggalkan Kota Binjai dengan naik angkot.

“Penumpang mobil Avanza itu ada 3 orang. Suami istri dan anak. Saya mau ngantarnya karena mereka bilang mengalami kecelakaan. Waktu saya antar, ada luka di punggung kirinya,” kata penarik becak, Janiar (39) warga Jalan Traktor Lingkungan XI Kelurahan Cengkeh Turi Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai.

Meski pun tidak dapat mengamankan tersangka, petugas berhasil mengamankan barang bukti mobil dan satu plastik hijau diduga berisikan sabu. Disamping itu, petugas juga menyita satu buah dompet dari dalam mobil. Dompet itu berisikan SIM, KTP, ATM BRI yang semuanya atas nama Muhamad Khaidir Purba, kartu timezone, kartu belanja Alfamart dan fotocopy STNK mobil BK 1904 LX dengan pemilik atas nama Suheriono.

Menurut Keterangan dari Anggota BNNP, mobil tersebut telah mereka kejar dan merupakan target mereka dari Pasar 4, Kelurahan Jati Utomo, Kecamatan Binjai Utara, Kodya Binjai.

“Mobil tersebut ditinggalkan di Dusun 2 Batako, kemungkinan besar tersangka kena tembakan namun melarikan diri menaiki becak,” beber anggota BNNP yang diketahui bernama Alfatah.

Sementara, menurut Kadus 2 Batako, warga menemukan mobil Avanza warna hitam dengan nopol BK 1904 LX yang ditinggalkan pemiliknya, Sabtu (14/9) sekitar jam 10.00 WIB. Keterangan dari Kadus, mobil tersebut diperkirakan ditinggalkan pengemudinya setelah aksi kejar-kejaran yang dilakukan oleh Petugas BNNP. Dari informasi tersebut, Kadus kemudian menghubungi Bhabinkamtibmas Desa Tadam Hulu 2, Aiptu H Aritonang via telepon seluler. Tak berselang lama, personil Polsek Binjai menuju TKP dan mengamankan Mobil Azanza tersebut.

Ahmad