Menjelang Pemilu 2019, Ketua KPU Langkat Silaturahmi Ke PWI

foto: Ketua KPU Langkat foto bersama pengurus PWI Langkat.

Langkat, SSOL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat, melakukan kunjungan silaturahmi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Langkat, di kantor PWI Jalan Proklamasi Stabat Kabupaten Langkat, Jumat (22/3).

Kedatangan Ketua KPU Langkat Sopian Sitepu didampingi Sekretaris KPU Zainul Arifin disambut langsung Ketua PWI Langkat Hery Putra Ginting SH didampingi Wakil Ketua Imam Fauzi Hasibuan, SH, Sekretaris Endang Junaidi, SP, Wakil Sekretaris Sukardi Bakara dan Bendahara M. Wahyudi, SH, Jumat (23/3).

Pada kesempatan tersebut Sopian mengatakan kunjungan kali ini dalam rangka silaturahmi dan koordinasi menjelang pelaksanaan Pemilu tahun 2019 yang beberapa waktu lagi akan berlangsung. Ia juga bermohon kemakluman PWI karena tidak mengikutsertakan seluruh komisioner KPU karena kesibukan dalam tugas.

Pihak KPU berharap kiranya wadah PWI Langkat dapat ikut serta membantu kelancaran pelaksanaan Pemilu dengan berbagai berita yang disajikan kemasyarakat.

Sementara itu Ketua PWI Langkat Hery Putra Ginting  sangat mengapresiasi kunjungan Ketua KPU, dimana ditengah kesibukanya masih sempat melakukan kordinasi dan menyambangi kepada rekan jurnalis khususnya yang tergabung di PWI.

Pada kesempatan tersebut Hery mengatakan akan berupaya mengajak rekan rekan jurnalis berperan aktif membantu dan mendukung kinerja KPU demi terciptanya situasi yang semakin kondusif demi kelancaran jalannya Pemilu.

Lebih lanjut ia menghimbau kepada rekan pers hendaknya lebih mengedepankan kode etik jurnalistik dalam penyajian berita ke publik.

“Jadilah insan pers yang profesional dan mengedepankan kode etik jurnalistik dalam penyajian berita guna mencerdaskan bangsa”, tegas Hery.

Dalam pertemuan itu juga, pihak KPU memaparkan sekilas tahapan atau berbagai kegiatan KPU Langkat menyongsong pelaksanaan pemilu yang akan berlangsung pada April mendatang.

“Sejauh ini tahapan pelaksanaan (persiapan/kegiatan) Pemilu di Kabupaten Langkat masih tetap berjalan lancar dan kondusif sesuai dengan ketentuan tanpa ada kendala yang berarti” tegas Sopian.

Dimana hingga saat ini pihak KPU Langkat masih melakukan pelipatan surat suara. Sopian juga menargetkan pelipatan surat suara akan selesai pada dua hari mendatang.

“Saat ini kita masih melakukan tahapan pelipatan surat suara, dan kita targetkan dua hari mendatang sudah terselesaikan secara keseluruhan, mudah mudahan tidak ada kendala,” ujar Sopian

Lebih lanjut Sopian juga menjelaskan surat suara untuk kelengkapan Pemilu yang hanya tinggal beberapa pekan lagi berlangsung, juga sudah diterima secara keseluruhan oleh pihak KPU namun masih dalam pengerjaan sortir dan pelipatan.

Ketika disinggung apakah ada ditemukan surat suara yang rusak, alumni Fisipol USU tersebut mengakui ada ditemukan surat suara yang rusak atau cacat. “Mengenai jumlah banyaknya surat suara yang rusak, masih dalam perhitungan hingga keseluruhan surat suara telah dilakukan sortir,” jelas Sopyan.

Sementara itu terkait pelaksanaan kampanye dan rapat umum akan dimulai dari tanggal 24 Maret sampai dengan 13 April mendatang, hanya saja pada 3 April ditiadakan kegiatan karena bertepatan hari libur nasional peringatan Isra’ Mi’raj
Nabi besar Muhammad SAW, dan lokasi zona kampanye sekitar 100 titik untuk wilayah Kabupaten Langkat.

Jumlah pemilih yang akan mempergunakan hak pilihnya nanti hingga daftar pemilih tetap perbaikan mencapai 761.131 pemilih, yang nantinya akan mempergunakan hak pilihnya pada 3.044 TPS.

Ahmad