Menilik Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Sibuluan, Baru selesai dikerjakan sudah mulai rusak

Tapanuli tengah,SSOL.COM-Pelaksanaan proyek Pemeliharaan jalan Ruas Sibuluan-Aek Tolang, atau Jln.Prof DR.Hazairin, sibuluan terpadu sudah hampir Rampung, dari Amatan langsung di lapangan pada Senin,(18/10/2021), tahapan pekerjaan kini sedang melakukan pengecoran beram jalan.

Berdasarkan pantauan Media ini, bahwa badan jalan yang baru diaspal sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan, ada pun titik badan jalan yang tampak rusak berada tepat disimpang kawasan perumahan Citra Hijau Lestari dan ujung badan jalan yang baru selesai diaspal.

Bentuk kerusakan yang terjadi, badan jalan tampak gembung dan pada ujung jalan terlihat banyak retakan, hal ini diduga akibat Lapisan Pondasi Atas jalan tidak padat.

Meski pekerjaan itu masih pada masa perawatan namun hingga pada Senin,(18/10) kemarin, belum ada upaya perbaikan yang dilakukan Rekanan.

Jika dibiarkan maka kerusakan badan jalan akan semakin parah, dan Dana Perawatan jalan yang bersumber dari APBD Kabupaten Tapanuli tengah Ta.2021 sebesar Rp.910.226.900, akan sia-sia.

Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Tapanuli tengah, Johannes Saruksuk,ST, maupun PPK Proyek, tidak berhasil dikonfirmasi awak media ini, saat dicoba ditemui di kantornya di Jalan N.Daulay, Kecamatan Pandan, pada Senin kemarin, sehingga informasi resmi dari pihak Dinas PU belum diperoleh awak media ini terkait penyebab pasti kerusakan badan jalan yang baru dikerjakan.

Pekan lalu, saat dicoba untuk dikonfirmasi Pihak CV.Sinar Cahaya Berkah, yang beralamat di Jln.Kapt Tandean No:26 Kota Beringin Kota Sibolga, belum dapat memberikan informasi terkait kerusakan badan jalan yang baru dikerjakannya di jalan Ruas Sibuluan-Aek Tolang.

Salah seorang pelaksana lapangan Bermarga Matondang, dari group Perusahaan tersebut saat ditemui di salah satu tempat di kota Sibolga, mengaku bahwa Pekerjaan Perawatan jalan di Sibuluan bukan lah pengawasannya.

“, Kalau yang di Sibuluan Bukan saya pelaksana Lapangannya, pelaksana Lapangannya bermarga Gultom, coba disampaikan langsung ke sana”, Jawab Matondang sambil memberikan nomor contack rekannya.

Gultom, yang disebut sebagai Pelaksana Lapangan CV Sinar Cahaya Berkah, saat dihubungi pada Sabtu,(16/10), lalu mengaku sedang berada di Pinangsori dan dalam.perjalanan menuju kota Sibolga.

“, Saya lagi di Pinangsori, ini lagi diperjalanan menuju kota Sibolga,” Jawab Gultom mengelak.

Supriyadi Sihombing,(28), salah seorang warga, yang ditemui awak media ini dilokasi pekerjaan perawatan jalan Sibuluan Aek Tolang, pada Senin,(18/10), menuturkan tanggapannya terkait pekerjaan yang dinilainya  kurang teliti.

“, Badan Jalan ini baru sepekan selesai diaspal, namun di salah satu titik sudah mulai rusak,” Sebut Supriyadi.

Hampir Tiap hari, masih Supriyadi, saya melintasi jalan ini, saya tahu persis bahwa badan jalan ini pernah tertimbun material tanah yang tergerus hujan dari kawasan perumahan disebelahnya”, tuturnya.

“, Saya menduga kerusakan badan jalan yang baru dikerjakan ini, akibat material tanah tidak sepenuhnya dikeruk, membuat badan jalan gembung dan  bergelombang akibat pondasinya yang tidak padat”, tandas Supriyadi.

.(Ferry Sitohang)

LEAVE A REPLY