Melalui Isra’ Mi’raj Mari Kita Tingkatkan Hubungan Ukhuwah Islamiyah Dan Silaturrahim

Tapanuli Selatan.SSOL- Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menyelenggarakan peringatan Isra’ Mi’raj dan sekaligus penyambutan Bulan Suci Ramadhan 1439 H yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Sarasi Perkantoran Bupati Tapsel Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Jum’at (11/5/2018).

Pada kesempatan itu Bupati Tapanuli Selatan H. Syahrul M. Pasaribu dalam sambutannya mengatakan, peringatan Isra’ mi’raj dan penyambutan bulan suci Ramadhan ini bermakna untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah dan silaturrahim serta pembersihan diri atas segala kesalahan dan perbuatan dosa.

Lanjut Bupati beberapa waktu yang lalu telah terjadi gugurnya 5 anggota Brimob Polri pada saat menjalankan tugas negara di Mako Brimob Depok dan peristiwa itu sangat memprihatinkan bagi kita bersama, karena peristiwa tersebut sangat tidak wajar bagi masyarakat Indonesia dan apalagi itu bukan merupakan sikap masyarakat islami, ungkapnya.

Oleh karena itu mari kita rapatkan barisan dan mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan, apabila ada berita hoax maupun suasana yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan masyarakat Tapsel agar untuk tidak mudah terpancing dengan berita tersebut dan saya mohon untuk menjadi contoh dalam menjaga persatuan dan kesatuan di Kabupaten Tapanuli Selatan yang kita cintai ini, tegas Syahrul.

Asisten Administrasi Umum Marasaud dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H, merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dibidang keagamaan yang berdasarkan SK. Bupati Tapsel Nomor 188.45/181/KPTS/2018 tanggal 27 April 2018 tentang Susunan Panitia Penyelenggara Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H, terangnya.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah dan silaturrahim serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mensucikan diri untuk membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah untuk Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera, ungkapnya.

Sementara Al Ustadz Dr. H. Zul Anwar Azim Harahap, MA dalam ceramahnya mengatakan, Peristiwa Isra’ Mi’raj merupakan sebuah peristiwa perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha dan sampai di langit ketujuh Surga Baitul Makmur untuk menerima perintah menunaikan shalat lima waktu sehari semalam.

Peristiwa mulia tersebut dapat diperingati sebagai wujud rasa syukur para umatnya dan Peringatan Isra Mi’raj juga dapat dijadikan momentum bagi para institusi/lembaga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan bagi para pegawai maupun masyarakat serta begitu juga dengan penyambutan bulan Suci Ramadhan yang bermakna melakukan pembersihan diri secara lahir dan batin.

Turut hadir pada peringatan Isra’ Mi’raj Dandim 0212/TS Letkol Inf. ARM. Azhari, Wakil Bupati Tapsel H. Aswin Efendi Siregar, Ketua Pengadilan Agama, Ibu Ketua TP. PKK Tapsel, Ibu Ketua Dharma Wanita Tapsel, Wakil Ketua MUI, Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Pimpinan OPD, Camat, Kakan Kemenag, pimpinan ormas keagamaan, kepemudaan, profesi dan kemahasiswaan serta para ASN se-Kab. Tapanuli Selatan.

Martin Gabe