Lewati Ambang Batas Dan Salahi Aturan Bawaslu Tapteng Akan Turun Tertibkan APK

TAPTENG, SSOL – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tapanuli Tengah, akan tertibkan alat peraga kampanye yang dinilai menyalahi aturan.

Setiawati Simanjuntak selaku bidang Divisi Organisasi Sumber Daya Manusia, Data dan Informasi, mengatakan, pihaknya akan menertibkan APK yang tidak sesuai dengan aturannya, yakni seperti di rumah ibadah atau di tiang-tiang listrik. Rabu (23/1/2019).

“Kami juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan pengurus partai disini, tetapi sebelumnya kami sudah meminta mereka untuk menertibkan sendiri APK yang menempatkan yang tidak sesuai aturan,” kata Setiawati.

Ditegaskannya, pihak Bawaslu akan turun dan menertibkan sendiri APK yang sudah melewati ambang batas waktu yang ditentukan. Dan itupun pihak Panwascam dan PPL juga melakukan identifikasi terhadap APK yang letaknya menyalahi aturan terlebih dahulu.

“Tahap pertama itu kemarin sudah pernah kami tertibkan, ini tahap kedua lah nanti kami turun lagi,” terangnya.

Disinggung terkait apa saja larangan yang harus diketahui oleh Calon Legislatif untuk pemasangan APK, diterangkan Setiawati, bahwa para caleg harus menjauhi isu sara dan tidak asal-asalan menempelkan APK disembarang tempat, juga tidak bertentangan dengan pancasila.

“Pemda dan KPU sendiri juga sudah mengeluarkan larangan itu,” Tandasnya.

IWAN PAKPAHAN