Koperasi Serba Usaha (KSU) dan Kesejahteraan Ikatan Saudara Gabungan Roda Dua (Keris Garda) Berkomitmen Tingkatkan Ekonomi Ribuan Pengemudi OJOL

Mwdan.SSOL.Com– Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Kesejahteraan Ikatan Saudara Gabungan Roda Dua (Keris Garda), Joko Pitoyo menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan potensi ekonomi ribuan pengemudi ojek online khususnya moda sepeda motor dengan filosofi gotong royong, sehingga akan membantu kesejahteraan anggota koperasi terutama di masa pandemi yang terus berlangsung saat sekarang ini.

“Pandemi memang sangat memberikan dampak di sektor ekonomi, karena itu KSU Keris Garda akan konsern menggali potensi keterampilan pemotor ojek online yang menjadi anggota koperasi,” kata Joko kepada wartawan di sekretariat Jalan Jermal XV, Medan, Jumat (30/7).

Disampaikan Joko, untuk merealisasikan program peningkatan ekonomi anggota KSU tersebut pihaknya telah menjalin kerjasama transportasi ekspedisi dengan PT. Samudera Indonesia, peternakan ayam kampung kampung unggul budidaya (KUB), budadaya maggot, usaha service AC, produksi susu Kefir Yoghurt dan memproduksi Alkali dan Brew sebagai nutrisi khusus untuk ternak unggas.

Dalam keterangannya Joko juga menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan jajaran Poldasu, sehingga program kegiatan yang ditargetkan untuk kesejahteraan anggota tersebut dapat terlaksana maksimal seperti yang diharapkan bersama.

“Semua itu sesuai visi dan misi KSU Keris Garda untuk menghidupkan ekonomi anggota komnunitas ojek online Sumut secara gotong royong melalui dunia usaha,” jelas Joko.
Dalam keterangannya Joko juga mengungkapkan beberapa program strategis KSU yang akan segera direalisasikan yakni membuat rumpon ikan di tengah laut sebagai rumah berkembang biak ikan untuk koperasi nelayan dan membesarkan budidaya Maggot guna mengatasi masalah sampajh organik guna efisiensi biaya para peternak unggas.

Target utamanya adalah peningkatan kesejahteraan secara konkrit seluruh anggota melalui penggalian potensi serta talenta yang dimilikinya. Dia juga mengakui bahwa masa pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir dua tahun, sangat berdampak terhadap sektor perekonomian masyarakat.

“Ini yang menjadi alasan kuat kami untuk meningkatkan kesejahteraan anggota secara gotong royong,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan salah satu program prioritas yang menjadi atensi khusus KSU Keris Garda yaitu mendesak kepada Pemko Medan dan Pemprovsu segera membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang menjadi aplikator angkutan umum berbasis online, sehingga memberikan sangat banyak manfaat bagi pemerintah daerah melalui persentase pembagian aplikasi, retribusi pemotor ojek online dan lain sebagainya.

Dia juga menyampaikan kalau aplikator dimaksud adalah milik daerah, tentunya akan sangat memudahkan hubungan saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) antara aplikasi dengan pemotor ojek online.

Dengan begitu, bisa saja para pemotor ojek online menyampaikan usul untuk membebaskan presentase pembagian hasil yang diterapkan aplikator.

Menurut dia, usulan itu sangat penting mengingat dengan peniadaan prosentase dimaksud diyakini akan sangat membantu kehidupan ribuan pemotor ojek online karena akan menjadi tambahan penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidup di masa pandemi sekarang ini.

Joko juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya kepada komunitas pemotor ojek online yang tetap mematuhi protokol kesehatan selama penerapan PPKM Level 4, sehingga menjadi dukungan penting guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Joko juga mengapresiasi Ditintelkam Polda Sumut yang terus melakukan kemitraan kamtibmas terhadap penggiat dari OJOL yang tergabung dalam GARDA Indonesia Region Sumut utamanya terhadap Kepatuhan dan Kedisiplinan PPKM Darurat – PPKM Level 4 dan Protokol Kesehatan dan juga dalam penyaluran Bakti Sosial kepada masyarakat OJOL terdampak Pandemi dalam bentuk bagi binvkisan sembako, masker, susu anak dan minyak goreng.

Ps. Kasubdit Ekonomi Ditintelkam Polda Sumut Kompol Samio juga memberikan arahan kepada Pengurus GARDA Indonesia Region Sumut agar meningkatkan SDM OJOL untuk pekerjaan tambahan masyarakat OJOL dengan memberdayagunakan KSU KERIS (Kesejahteraan Ikatan Saudara) GARDA yang sudah dibentuk kerjasama dengan Polda Sumut.

Rel

LEAVE A REPLY