Konvoi Truk Berat Pengangkut Material PLTA Asahan 3 Sambar Kabel Listrik dan Robohkan Teras Rumah Warga 

Asahan, SSOL.com – Mobilisasi material proyek PLTA ASAHAN 3 dengan truk kontainer berdimensi lebar dan tinggi kian hari semakin banyak meresahkan warga setempat yang dilintasinya.

Tadi malam sekira jam 21.30 Wib, 2 truk kontainer melintas dari arah sigura gura dan menyambar kabel SR PLN, mengakibatkan Lampu padam dan atap teras rumah milik Andi roboh, kata Dimun,seorang warga setempat kepada SSOL, Rabu (07/07) pagi.

Dihimpun dari sejumlah saksi,disebutkan sekira pukul 21.00 Wib Selasa (6/07/2021) malam, lalu lintas truk trailer kontainer kembali menyambar Kabel Sambungan Rumah (SR) KWh PLN warga.Kali ini peristiwa serupa dialami Gusriandi (40) warga Dusun VI (Samping Pasar Pagi) Desa Aek Songsongan, yang rumahnya tepat di sisi lintasan Jalan Provinsi Sigura gura Asahan-Tobasa, mengakibatkan bangunan kanopi rumahnya Roboh. Korban Gustiandi, saat dikonfirmasi menyebutkan saat peristiwa terjadi, dirinya sedang di luar rumah dan baru tahu setelah saya dikabari tetangga sebelah via telpon tadi malam.

Andi menuturkan,peristiwa itu terjadi saat dia tidak sedang tidak berada di rumah.Dia mengaku kaget setelah dikabari  bahwa rumahnya roboh.

“Spontan saya pulang, khawatir dengan keselamatan keluarga yang saat itu berada didalam rumah, dan syukurnya anggota keluarga tidak ada yang cedera”, ujar Andi.
Ditambahkannya,banyak warga yang melihat kejadian itu.Dia langsung menghubungi Kepala Desa dan melaporkan peristiwa ini.Kemudian dilakukan penyambungan kembali Kabel PLN secara darurat.

Sekira pukul 11.30 Wib, Makmur Siagian, Humas Kontraktor PLTA Asahan 3 PT. Shimizhu- Adhi KaryavJoint Operation (SAJO) datang ke rumah korban Andi guna melakukan peninjauan.

Humas SAJO dikonfirmasi pihaknya mengaku dihubungi Kepala Desa terkait peristiwa ini. ” Kami tadi pagi dihubungi Kepala Desa Aek Songsongan terkait peristiwa ini, makanya saya sebagai Humas diperintahkan manajemen untuk melakukan peninjauan kerumah Korban (Gusriandi), sekaligus melihat dan mendokumentasikan apa saja kerusakan yang terjadi, untuk dilaporkan pada pimpinan.
Nanti akan di bicarakan dulu di kantor dan segera akan ada kabar bentuk pertanggungjawabannya,” papar Makmur mengakhiri.

Sebelumnya, truk kontainer PLTA Asahan 3 kerap melintas di Jalan Sigura Gura untuk mengangkut material projek PLTA Asahan 3.Namun ukuran truk  tidak sesuai dengan kapasitas jalan. Hal ini mengakibatkan sangat banyak kerusakan yang dialami warga setempat, bukan kali ini saja kejadian ini, namun telah berkali -kali. Bukan masalah nyangkutnya pada kabel jaringan PLN saja, untuk kondisi jalan mulai dari simpang Pulu Raja sampai ke lokasi Proyek Asahan 3 kini telah terkopak kapik dan sangat banyak lubang yang menghiasi jalan. Pemerintah Kabupaten Asahan harus turun kelapangan untuk melihat langsung kerusakan jalan ini, karena semua ini sedah barang pasti ada kesepakatan antara Asahan 3 dengan Pemerintah setempat.

Rusli E Sitorus

LEAVE A REPLY