Ketua PPP Zulkifli Siahaan,S.Sos, Mengutuk Keras Pengurangan BPJS Madani Kota Tanjungbalai.

Tanjungbalai,SSOL.Com-Kisruh persoalan pengurangan BPJS Madani Kota Tanjungbalai membuat resah warga Kota Tanjungbalai, pasalnya, dari 45.000 peserta PBI tahun 2020, akhirnya berkurang menjadi kurang lebih 20.000 pada tahun 2021.

Berdasarkan hasil konfirmasi SSOL kepada Kabid PSDK Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai, terjadinya pengurangan akibat dari penyesuaian anggaran.

Suwito selaku Kabid PSDK menambahkan, nama – nama BPJS Madani Kota Tanjungbalai didata dan ditentukan oleh Dinas Sosial Kota Tanjungbalai.
“pengurangan jumlah penerima BPJS Madani ditahun 2021 akibat dari penyesuaian anggaran,sedangkan untuk penentuan nama-nama yang dikurangi dan nama-nama dipertahankan BPJS Madani tahun 2021, sepenuhnya ditentukan oleh Dinas Sosial”. jelasnya kepada SSOL. (09/03/2021).

Kemudian diterangkan saat ini anggaran yang dipersiapkan Pemerintah Kota Tanjungbalai sebesar 8,6 Milyar rupiah yang anggarkan di Dinas Kesehatan Tanjungbalai.

Sementara itu Kabid Pemberdayaan Sosial Kota Tanjungbalai Alfi mengatakan, bahwa dalam hal ini Dinas Sosial Kota Tanjungbalai membantu untuk memutakhirkan data sebab terjadinya pengurangan tersebut sebab penerima BPJS madani tersebut berasal dari data DTKS dan Data Non DTKS, dan untuk Non DTKS sudah dilakukan mekanisme musyawarah kelurahan (Muskel) dimasing-masing kelurahan.
” akibat adanya pengurangan penerima BPJS Madani , maka dinas sosial kembali untuk memutakhirkan data sebab semua data tersebut berasal dari data DTKS dan Non DTKS, kemudian untuk Non DTKS sudah keterapkan Musyawarah Kelurahan (MUSKEL) di masing-masing kelurahan”. ungkap Alfi kepada SSOL.

Menurut Zulkifli Siahaan, S.Sos, Ketua DPC PPP Kota Tanjungbalai, kesenjangan dan pengurangan data BPJS Madani yang mengakibatkan kisruh saat ini, diakibatkan karena lemahnya pendataan kepala lingkungan dalam menginventarisir dan melaporkan status warganya, baik perubahan status, karena meninggal, pindah dan sudah sejahtera, sehingga wajar banyak warga yang tidak mampu, protes ketika namanya dikeluarkan dari BPJS Madani, untuk itu beliau mengutuk keras persoalan pengurangan BPJS Madani yang telah disetujui Anggota DPRD Kota Tanjungbalai di Bagian Anggaran (BANGGAR) tandas Zulkifli, kepada SSOL.

Hermansyah Caniago

LEAVE A REPLY