Kecamatan Sayurmatinggi Raih Juara Umum, Bupati Tutup acara MTQN Ke-50 

Tapanuli Selatan.SSOL- Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu resmi menutup MTQN ke-50 Tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2018 dilaksanakan sejak tanggal 23 s/d 25 Juli 2018 di lapangan sepakbola Desa Aek Badak Jae, Kecamatan Sayurmatinggi, Rabu (25/7) malam.

Penutupan ditandai dengan lantunan suara azan di sertai letusan kembang api yang menghiasi langit sekitar area, membuat decak kagum para pengunjung MTQN Ke-50 yang berhadir.

MTQ kali ini, Kecamatan Sayurmatinggi sukses sebagai juara umum dan berhak menerima piala bergilir serta uang pembinaan dari Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu kepada Camat Sayurmatinggi Fadhil Harahap. Sementara Total kafilah dalam MTQ ke-50 tahun ini sebanyak 445 orang dari 14 Kecamatan se-Kabupaten Tapsel.

Cabang yang diperlombakan ada 9 cabang di antaranya cabang tilawah, hifdzil qur’an, fahmil qur’an, khottil qur’an, sharhil qur’an, tartil qur’an, tafsir qur’an, qiroat sabaah dan qiroat kutub. Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu mengharapkan agar semangat MTQN ini terus dipertahankan meski pelaksanaan MTQN telah usai.

Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu dalam sambutannya mengatakan, saya mengucapkan rasa terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya bagi kesuksesan penyelenggaraan MTQN ke-50 ini, dan khususnya kepada masyarakat Desa Aek Badak Jae dan juga Desa Aek Badak Julu yang telah menjadi tuan rumah pada MTQN Ke-50 ini dengan baik dan sukses, ucap Syahrul.

Lanjut Syahrul, kegiatan MTQN ini adalah untuk memupuk bakat dan minat baca tulis Al-Qur’an, sehingga menjadi perekat ukhuwah sesama kaum muslimin dan muslimat serta juga dapat mempererat hubungan tali silaturrahmi diantara kita. Oleh karena itu melalui MTQN ini, mari kita perangi penyakit masyarakat diantaranya menjauhi perbuatan maksiat, menjauhi narkoba dan menjauhi minuman keras, apalagi narkoba ini adalah musuh dunia, musuh bangsa Indonesia dan juga musuh masyarakat Tapanuli Selatan, tegasnya.

Selanjutnya kepada pemenang, Bupati mengucapkan selamat dan kepada yang belum untuk tetap giat berlatih, “Karena kekalahan itu merupakan keberhasilan yang tertunda.”

“Sedangkan apa yang kita hasilkan pada hari ini menjadi cermin kesiapan daerah kita dalam mengikuti setiap tahapan MTQ selanjutnya, oleh sebab itu tentu diharapkan dari hasil yang kita peroleh dari kejuaraan MTQ saat ini betul-betul memiliki kualitas, karena telah didukung oleh kualitas penilaian para Dewan Hakim dengan mengedepankan prinsip penilaian objektifitas serta kualitas, dengan hal itu bisa kita harapkan hasil yang berkualitas pula” papar Syahrul.

Bagi para pemenang janganlah terus berbangga hati, namun teruslah untuk giat berlatih dan apalagi kalian adalah duta daerah yang akan bertanding dengan Kabupaten/Kota lainnya di MTQN Tingkat Provinsi Sumatera Utara.

“Kiranya para pemenang nantinya akan mampu membawa nama harum daerah Kabupaten Tapsel pada lomba MTQN baik ditingkat Provinsi, Nasional maupun Internasional,” harapnya.

Diakhir sambutannya, Syahrul berpesan gunakanlah lapangan dan podium ini untuk kegiatan-kegiatan keagamaan dan sosial lainnya maupun kegiatan-kegiatan kepemudaan, karena melalui kegiatan kepemudaan inilah yang nantinya akan lahir generasi muda yang sehat, cerdas dan sejahtera sebagai generasi penerus bangsa, agama dan negara, tutupnya.

Pada kesempatan tersebut ada empat orang kafilah terbaik yang diberikan paket umroh gratis dari hasil keputusan dewan hakim yang pertama Ahmad Akbar dari Kecamatan Muara Batang Toru kategori terbaik satu pada cabang hifdzil qur’an 30 juz putra, yang diberikan oleh PT. Agincourt Resources (AR) Batang Toru, yang kedua Kadek Asmara dari Kecamatan Sayurmatinggi kategori terbaik satu pada cabang tafsir bahasa Inggris putra, yang diberikan oleh PT. Bank Sumut Cabang Sipirok. Yang ketiga Muhammad Jamal dari Kecamatan Marancar pada cabang hifdzil qur’an 20 juz putra, yang diberikan oleh Bupati Tapsel dan yang terakhir Nursalimah dari Kecamatan Batang Angkola untuk kategori terbaik tiga pada cabang hifdzil qur’an 20 juz putri, yang diberikan oleh PLTA North Sumatera Hydro Energi.

Hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Tapsel Aswin Efendi Siregar, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Kakan Kemenag Tapsel Syarifuddin Siregar, Ketua MUI, Ibu Ketua TP. PKK Tapsel Syaufia Lina Syahrul, Ibu Ketua Dharma Wanita, para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Kabag, Camat se-Kabupaten Tapsel, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Ormas dan OKP, para Kontingen Peserta MTQ serta ribuan masyarakat yang cukup antusias mengikuti acara penutupan ini.

Martin Gabe