Kecamatan Arse Masuk Enam Besar Terbaik Satu Tingkat Provsu

TAPSEL, SSOL-Kecamatan Arse masuk 6 (enam) besar kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara kategori Kabupaten tahun 2018 tahap final dan semoga Arse menjadi terbaik satu tingkat Provinsi Sumatera Utara, itu harapan Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu pada saat menghadiri penilaian kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2018, di aula Sarasi 2 Lantai III, Kantor Bupati Tapsel, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Jum’at (16/11/2018).

Bupati Tapsel, H. Syahrul M. Pasaribu dan Ketua Tim Penilai Kecamatan terbaik yang dipimpin oleh Kepala Biro Pemerintahan Setdaprovsu H. Afifi Lubis, SH beserta rombongan disambut oleh raja adat tapsel yang kemudian dilakukan pengalungan karangan bunga oleh boru namora Kabupaten Tapsel.

Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu dalam sambutannya mengatakan, peran tokoh lintas agama menjadi modal awal menjaga kerukunan antar ummat beragama. Saat ini, jumlah Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Kecamatan Arse lebih kurang 800 orang, katanya.

Uniknya, BKMT tersebut memiliki koperasi, sehingga setiap anggota mempunyai kewajiban untuk membayar iuran. Kekayaan dari BKMT itu lebih kurang Rp 300 juta. Syahrul menjelaskan, sejak terbentuk, BKMT tidak pernah mendapatkan bantuan dana dari pemerintah, karena koperasi itu diharuskan untuk mandiri, jelas Bupati.

Selain itu, di kecamatan tersebut juga sudah dibentuk Pemuda Islam. Dimana, setiap desa sudah memilikinya. “Jumlah Pemuda Islam sebanyak 2000 orang”.

Laki-laki yang sudah dua periode menjadi bupati menyarankan kepada tim penilai, agar dalam melakukan penilaian harus dilihat dari segi tofografi dan potensi, karena tidaklah mungkin Kecamatan Arse bisa dibandingkan dengan kecamatan lainnya seperti yang ada di Parbaungan dan Kabupaten Langkat, ungkap Syahrul.

Penilaian ini semata-mata tidak hanya untuk mendapatkan juara akan tetapi bagaimana merangsang pimpinan-pimpinan tingkat kecamatan dan seluruh infrastruktur termasuk perangkat-perangkat kecamatan seperti perangkat desa dan kelurahan yang dalam naungan koordinasi camat agar lebih inovatif dalam mengajak masyarakatnya untuk dapat bekerjasama dalam membangun daerahnya.

“Diakhir sambutannya, bupati menerangkan, kalau memang pantas Kecamatan Arse baik dari segi persepektif dan reward untuk dapat diberi penghargaan menjadi juara satu bukan juara dua kenapa tidak”, terang Syahrul.

Ketua Tim Penilaian Kecamatan Terbaik H. Afifi Lubis, SH dalam sambutannya mengatakan, penilaian kecamatan terbaik ini merupakan agenda rutin Pemprovsu untuk dijadikan nominasi di tingkat nasional, tim telah melakukan penilaian terhadap kecamatan di 33 Kabupaten/Kota, diantaranya yang masuk nominasi 6 besar kecamatan terbaik kategori Kabupaten tahap final tingkat Provinsi Sumatera Utara adalah Kecamatan Arse, katanya.

Dari hasil penilaian tersebut minimal ada dua sisi yang didapat katanya, pertama sejauh mana kemampuan Camat menerapkan ilmu dan pengalamannya menjalankan roda pemerintahan. Kedua, kesempatan untuk menimba ilmu bagaimana sosok kecamatan yang baik itu ke depan secara nasional.

“Menteri Dalam Negeri RI sekarang berkeinginan bahwasanya seorang Camat ke depan harus dapat berfikir visioner, inovatif, berjiwa ekonomi dan interpreneurshif sehingga mampu memandirikan kecamatannya,”jelasnya.

Tim penilai juga mengapresiasi Bupati Tapanuli Selatan dalam melalukan pendekatan masyarakat untuk memajukan pembangunan daerah dengan gaya “Mar-Mar Style” dalam arti filosofi “Tak kenal hujan panas baik siang malam” bekerja demi rakyat dan untuk rakyat.

Sebelum Tim melakukan penilaian terlebih dahulu mendengarkan Ekspose yang disampaikan oleh Camat Arse, Syahruddin Perwira dan Ekspose Ketua TP. PKK Kecamatan Arse, Ny. Meidiawaty Perwira. Lalu dilanjutkan tanya jawab kepada Camat, TP-PKK Kecamatan, dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) seperti Kapolsek dan Danramil serta kepada Kapus Arse dan BPD Aek Haminjom.

Dari hasil penilaian tersebut tim merasa puas dengan jawaban-jawaban yang di berikan, mudah-mudahan Kecamatan Arse ini bisa menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Utara, ujar Ketua Tim di akhir acara penilaian.

Tampak hadir, Wakil Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang dan Naswardi Sihaloho, Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, Camat se-Kab. Tapsel, Forkopimca Arse, Ketua TP. PKK Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul, Ketua Dharma Wanita Tapsel, tokoh masyarakat Sumut Syamsul Qamar, para Kades/Lurah se-Kecamatan Arse, BKMT Kecamatan Arse, Sekretaris DPD KNPI Tapsel Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, Karang Taruna, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat Kecamatan Arse.

Martin Gabe