Kapolres Samosir AKBP Muh Saleh SIK MM: Tidak Ada Kerugian dan Korban Longsor

Simanindo, SSOL.COM-: Keadaan arus lalu lintas sudah aman dan lancar. Kerugian masyarakat nihil dan korban jiwa tidak ada”, demikian Kapolres Samosir AKBP Muh Saleh SIK MM dalam keterangan resminya yang diperoleh melalui WhatsApp-nya, Jumat (13/12) siang.

Hal tersebut diungkap Kapolres setelah jajarannya, Kapolsek Simanindo Iptu TL Tobing beserta anggota Briptu Kurniawan, Jumat (13/12) sekira pukul 07.00 WIB memantau tempat terjadinya longsor yang telah dibersihkan dan saat ini jalan tersebut sudah bersih dari material longsor dan sudah dapat dilalui masyarakat pemakai jalan.

Longsor di badan jalan yang menutup jalan umum Tomok – Tanjungan, terjadi Kamis (12/12) malam, persisnya di Dusun III Desa Huta Gonjang Kecamatan Simanindo, Samosir.

Terhadap material longsor, telah dilakukan pembersihan oleh Polsek Simanindo bersama dengan personel Polres Samosir dibantu Pemkab Samosir dengan mendatangkan alat berat mulai Kamis (12/12) sekira pukul 22.00 WIB hingga selesai Jumat (13/12) sekira pukul 04.00 WIB.

Kapolres Muh Saleh juga memberitahu bahwa Bhabinkamtibmas Polsek Harian Aiptu S Sagala dan Brigadir Rangga Hatta sudah melaksanakan pengecekan daerah rawan longsor lainnya di sepanjang Jalan Limbong – Tele. Daerah yang rawan longsor adalah Simpang Tiga Limbong dan Sirungkung – rungkung Hutan Pinus Tele.

Pihak Polres, ujar Muh Saleh, tetap akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membuat tanda peringatan rawan longsor dan mengatasi longsoran material tanah dan batu.

Warga Simanindo khususnya dan Samosir umumnya, sangat mengapresiasi cepat tanggap yang dilakukan Polres Samosir beserta jajarannya. “Hormat dan salut untuk Pak Kapolres”, ujar Binsar Sidabutar tokoh masyarakat di Simanindo maupun mantan Bupati Samosir Mangindar Simbolon dan puluhan warga Samosir lainnya yang terbaca di berbagai media sosial.

“Salut kepada Pak Kapolres Samosir beserta jajaran serta dukungan Pemkab Samosir, sehingga masalah tanah longsor tersebut berhasil diatasi segera dan tidak terganggu lagi lalu-lintas pagi ini”, demikian Mangindar Simbolon.

Catatan SSOL, beberapa hari ini cuaca agak ekstrem di Samosir. Terkadang mendung, hujan gerimis dan terkadang berkepanjangan.

Efendy Naibaho