Kapoldasu dan Insan Pers Adakan Deklarasi Pemberitaan Pilkada Damai

Medan- Bertempat di Aula Tri Brata Lt.1 Mapolda Sumut, Poldasu melaksanakan kegiatan Silaturahmi dan Deklarasi Pemberitaan Pilkada Damai dan SARA bersama Insan Pers Mitra Polda Sumut, Jumat (9/2/2018).

Hadir dalam acara tersebut Ketua IJTI Sumut Budiman, Perwakilan AJI Sumut Vincensus Sitepu, Pimpinan Redaksi serta wartawan Mitra Poldasu sebanyak 200 orang. Sementara dari pihak Poldasu dihadiri Kapoldasu,Wakapoldasu,Irwasdasu,PJU dan Humas.

Dalam sambutannya Kabid Humas
Poldasu menyatakan bahwa penyelenggaraan acara hari ini merupakan implementasi dari rencana kegiatan Satgas Nusantara, khususnya sub satgas manajemen media di Polda Sumut.
Rekan Media adalah salah satu bagian dari mitra kepolisian dalam mewujudkan Pilkada yang aman, damai dan aman tanpa SARA di Wilayah Sumatera Utara, ungkapnya.
Media dalam menyampaikan pemberitaan harus netral dan berimbang, serta memberikan informasi secara utuh yang mencerdaskan dan mengedukasi publik. “Mari bersama mensukseskan pesta demokrasi Pilkada 2018 ini menjadi alat pemersatu keberagaman yang kita miliki di Provinsi Sumut” lanjutnya.

Mewakili Insan Pers Vincensus Sitepu (AJI Sumut) meminta kepada sesama insan pers agar dalam melaksanakan tugas jurnalis harus benar dan dipertanggungjawabkan, jurnalis itu harus bisa menjadi wasit dan pengawas serta teliti dan seksama terhadap pelaksanaan Pilkada serentak ini.
Bagi jurnalis yang terkait menjadi anggota partai politik sebaiknya mengundurkan diri dari tugas jurnalis.

Para insan pers agar dapat menjamin independensi, netralitas dan pemberitaan yang berimbang, sehingga masyarakat memiliki kesadaran untuk menyalurkan aspirasi politiknya dengan baik, bebas, netral dan bertanggung jawab dan sekaligus mensukseskan Pilkada 2018 di Propinsi Sumut.

Diakhir sambutannya, Vinsen berharap pihak Poldasu untuk dapat tetap bekerja sama dengan para insan pers dalam melaksanakan tugas jurnalistik dan memanajemen berita yang positif di media massa.

Kapoldasu Irjen Pol.Paulus Waterpau selaku penanggungjawab
Satgas Nusantara Polda Sumatera Utara dalam sambutannya menyatakan kiranya pertemuan ini dapat meningkatkan kerjasama yang sinergis dan harmonis
antara insan pers dengan Poldasu dalam mewujudkan kamtibmas yang aman, dan kondusif, khususnya dalam kegiatan Pilkada tahun ini.
Dengan meningkatnya suhu politik yang semakin memanas, maka Polri membentuk Satgas Nusantara guna mencegah dan meminimalisir isue provokatip terkait isue primodialisme, ujar Irjen Pol.Paulus Waterpau.

Sebagai implementasi rencana kerja Satgas Nusantara, pihak Polda Sumut menggelar pertemuan dan men Deklarasikan Pemberitaan Pilkada Damai tanpa SARA Bersama Insan Pers Mitra Polda Sumut hari ini.
Diakhir sambutannya, Paulus menyatakan terimakasih kepada seluruh insan pers yang sampai saat ini mendukung Polda Sumut lewat manajemen berita yang baik, sehingga dapat meningkatkan Public Trust terhadap Polri.
Dan agar kedepan kita tingkatkan kerja sama dan sinergitas dalam memanajemen berita-berita yang viral di sosial media.
Polda Sumut berkomitmen untuk mendukung insan pers dalam melaksanakan tugasnya serta memberikan pelayanan kepada insan pers.(Avi)

Editor; Roem