Kadisdiksu Buka KIPAS Ke VII SMKN I Percut Seituan

Percut Seituan, SSOL –  Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kabid Pembinaan SMK Amiruddin, SP, MM membuka secara resmi ajang kreativis dalam pelaksanaan acara KIPAS (Konpetisi Inspirasi Paskibraka Satuan)  (KIPAS) ke VII yang diselenggarakan Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) I Percut Seituan di halaman SMKN I Percut Seituan Jl. Kolam Medan Estate Deliserdang, Kamis (25/10/2018).

Kegiatan yang diikuti 131 sekolah mulai tingkat SD sampai dengan tingkat  SLTA sederajat se  – Sumatera. Sekolah yang mengambil bagian dalam kegiatan yang cukup bergengsi itu diantaranya SMA Negeri 1 Labuhan Batu Utara, MTS  dan MAN dari Batam kepulauan  Riau dan juga SMA Negeri Langsa.

Amiruddin,SP,MM, dalam amanatnya mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang menjadi wadah bagi generasi muda khususnya pelajar se Sumatera untuk mempersatukan semangat jiwa kebangsaan yang dapat menjadi perekat bagi keutuhan dan kesatuan NKRI.

” Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus merupakan salah satu program penguatan pendidikan karakter yang bertujuan untuk membentuk insan yang disiplin ” katanya.

Hal ini terlihat dari kedisiplinan Paskibra yang mengikuti perlombaan yang tidak perlu diragukan begitu juga kejujuran dan tanggungjawabnya.

Karenanya, melalui kegiatan itu Amiruddin berharap kepada peserta untuk tetap semangat mengikuti perlombaan selain bisa menambah pengalaman juga bisa menambah wawasan selain itu akan tetap terjalin antara satu sekolah dengan sekolah lainnya.

 “Kalianlah yang akan menjadi contoh dan menularkannya kepada teman-teman di sekolah. Orang-orang yang mengikuti kegiatan ini juga merupakan orang-orang yang berprestasi di kelas masing-masing. Begitu juga dengan kedisiplinannya”kata Amiruddin.

” Menang dan kalah dalam suatu mompetisi itu merupakan hal yang biasa. Namun yang terpenting dari itu adalah para peserta bisa saling tukar pengalaman antara sesama pelajar”katanya.

Ia juga mengatakan bahwa peserta yang mengikuti perlombaan ini adalah merupakan duta atau utusan dari sekolah masing-masing. Karenanya, tunjukkan bahwa peserta dapat mengharumkan nama sekolahnya.

“Menang dan kalah dalam suatu kompetisi itu merupakan hal yang biasa,namun yang terpenting dari itu adalah para peserta bisa saling tukar pengalaman antara sesama pelajar. Selain itu, kegiatan ini juga membutuhkan stamina yang kuat bagi peserta dan merupakan cikal bakal dalam meraih cita-cita masa depan karena kunci kesuksesan itu adalah disiplin.” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Amiruddin juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Kepala SMK Negeri 1 Percut Seituan beserta jajarannya yang telah memprakarsai kegiatan ini dengan harapan ke depan hal seperti ini dapat terus berkelanjutan dan lebih ditingkatkan untuk mendidik anak-anak disiplin dan rasa bertanggungjawab karena ini merupakan cikal bakal untuk terus berkelanjutan di Sumatera Utara. Pembukaan itu ditandai dengan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan dari  tingkat SLTA, MTS/SMPdan SD/MI.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan Surya Dharmawan dalam laporannya menjelaskan kegiatan Kompetisii Inspirasi Paskibra Satuan (KIPAS) ke VII tahun 2018 se Sumatera merupakan wadah kreatifitas siswa/i SMK Negeri Percut Seituan yang tergabung dalam satuan organisasi Paskibra SMK Negeri 1 Percut Seituan (Pasprastu) yang dilaksanakan sejak tahun 2012 tidak hanya di kawasan Pulau Sumatera namun dapat menjangkau lebih luas secara nasional.

Hadir pada kesempatan itu Kepala SMKN 1 Percut Seituan Drs Kasni, Mpd, Kepsek SMKN 1 Beringin Drs Ilyas MPd,Ketua PMI Deliserdang H Ismayadi dan Kacabdis Pendidikan Lubukpakam Agus Sinaga.

Usai acara pembukaan panitia juga menyerahkan tropy  sebagai hadiah dalam penyelenggaran kegiatan untuk tingkat sekolah dasar  yang dilaksanakan sejak Senin yang lalu. Rencananya kegiatan KIPAS ke VII ini akan ditutup pada Minggu, 28 Oktober 2018.

Rafli