Kabut Asap menebal, Walikota himbau warganya Pake Masker 

Padangsidimpuan,SSOL-Pemerintah kota Padangsidimpuan yang di pimpin, Walikota Irsan Efendi Nasution, menghimbau seluruh masyarakatnya agar menggunakan masker atau pelindung saluran pernapasan saat berada di luar ruangan.

Untuk mengantisipasi timbulnya berbagai penyakit yang diakibatkan kabut asap kebakaran hutan dan lahan di Prov. Riau yang kini menyelimuti wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), di antaranya Kota Padangsidimpuan, himbau Walikota.

Walikota juga menyampaikan agar aktifitas diluar ruangan di batasi, “Kurangi kegiatan di luar ruangan, perbanyak minum air putih, dan segera datangi tempat pelayanan kesehatan apabila mengalami gangguan atau infeksi saluran pernafasan,” tutur Irsan Efendi Nasution, Jumat (13/9).

Guna mendukung masyarakat menjaga kesehatan dari gangguan kabut asap, Walikota Padangsidimpuan menginstruksikan segenap jajarannya membagi-bagikan masker gratis kepada warga, khususnya pengguna jalan raya.

“Melihat Kondisi udara di Kota Padangsidimpuan semakin mengkhawatirkan sejak dua hari terakhir, kabut asap semakin tebal. Saya minta segenap OPD membantu warga dengan cara membagikan masker gratis,” tegas Irsan.

Walikota Padangsidimpuan mengimbau segenap masyarakat senantiasa menerapkan pola hidup sehat dan bersih di kehidupan sehari-hari. Hindari pembakaran hutan lahan, karena akan memperparah bencana kabut asap.

Pantauan di beberapa lokasi, Pemko Padangsidimpuan beserta jajarannya membagikan masker di empat lokasi. Yakni depan komplek Sidimpuan City Walk atau KFC, depan DPRD dan kantor Wali Kota, tugu air mancur Alaman Bolak, dan di komplek psekolah di Jalan Sutan Soripada Mulia Sadabuan.

Yahya Martin