Kab. Tapteng 85 Desa Belum Teraliri Listrik, UP3 PLN Sibolga Lakukan Verifikasi Data

SIBOLGA, SSOL – PT PLN UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Sibolga, melakukan verifikasi data terhadap 2 Kabupaten yang rencananya akan dibangun komitmen bersama dengan penandatanganan MoU desa berlistrik 100 persen diantaranya, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Humbahas dan Kabupaten Toba Samosir. Sabtu (6/10/2018).

Hal ini dilakukan demi pencapaian Desa berlistrik 100 persen sebagaimana komitmen yang dibangun oleh PT PLN Persero UP3 Sibolga kebeberapa Kabupaten yang ada di wilayah PLN UP3 Sibolga.

Dari hasil verifikasi data yang dilakukan selama 2 hari sejak, Kamis (4/10/2018 dan Jumat (5/10/2018), PLN UP3 Sibolga mencatat, sampai saat ini di Kabupaten Tobasa, masih ada 43 dusun dari 35 desa dan 10 Kecamatan yang menjadi prioritas PLN Sibolga dalam melakukan survey.

Sementara itu, di Kabupaten Tapanuli Tengah tercatat sebanyak 85 desa yang belum teraliri listrik, data itu sesuai dengan penyampaian usulan pemkab Tapteng pada tanggal 20 september 2018. Atas dasar surat pemkab Tapteng inilah, pihak PT PLN UP3 Sibolga kembali mengirimkan surat kepada pihak Pemkab Tapteng, untuk selanjutnya melakukan penandatanganan MoU. Sehingga kedepan dilakukan kembali verifikasi data desa dan dusun yang belum dialiri listrik dengan melibatkan pihak Kecamatan.

Dalam verifikasi data di 2 kabupaten ini, Manager PLN UP3 Sibolga Poltak Samosir menyampaikan, bahwa sampai saat ini PT PLN Persero UP3 Sibolga masih tetap komitmen untuk mengaliri listrik 100 persen desa dan dusun.

“Kita tetap komitmen. Namun, kami tetap meminta agar pemerintah membantu kami dalam mengaliri listrik keseluruh desa maupun dusun, dengan segera memperbaiki akses jalan. Di Tapteng, masih banyak akses jalan yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua,” kata Poltak.

Dirinya berharap adanya jalinan kerjasama yang baik antara PT PLN Sibolga dengan Pemda setempat. “Kami berharap, sinergitas antara Pemkab Tapteng dan PLN tetap terjalin. Pemkab membangun jalan, dan kami mengaliri listrik, bukti komitmen kita adalah dengan penandatanganan MoU, sehingga kordinasipun lebih jelas,” pungkasnya.

Iwan Pakpahan