Jumlah Graduasi Mandiri PKH Kab. Labuhanbatu Utara tahun 2019 Alami Peningkatan

Labuhanbatu Utara.SSOL.COM-Sepanjang Tahun 2019 ada 135 KPM Program Keluarga Harapan Kabupaten Labuhanbatu Utara yang telah di Graduasi mandiri, jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya 20 KPM yang tergraduasi mandiri.

Hal itu disampaikan Koordinator PKH Kabupaten Labuhanbatu Utara M. Syahripin S.PdI di kantor Dinas Sosial Labuhanbatu Utara. Selasa, (10/12/2019).

M. Syahripin menjelaskan, jumlah KPM pada tahap IV tahun 2018 adalah 11785 KPM dan 11110 tahap IV tahun 2019. Ada beberapa faktor gugurnya kepesertaan KPM PKH yaitu karena non komponen, laporan masyarakat dikarenakan KPM sudah sejahtera/tidak layak dan Graduasi Mandiri.

“Kalau ada KPM PKH Kab. Labuhanbatu Utara yang tidak layak silahkan dilaporkan biar kami proses tetapi dengan bukti yang jelas, jangan si polan-si polan tetapi tak ada bukti” tandasnya.

M.Syahripin menambahkan Graduasi Mandiri adalah keluarnya KPM dari kepesertaan PKH yang ditandai dengan surat pernyataan sejahtera mandiri artinya Graduasi KPM mandiri bukanlah seluruhnya dikarena sudah sejahtera dan memiliki ekonomi yang mapan tetapi berubahnya pola pikir KPM kearah yang mandiri melalui Pertemuan Peningkatan Kemampuan keluarga (P2K2) yang telah dilakukan oleh Pendamping PKH.

Disini kami juga berharap peran pemerintah daerah dalam proses pembimbingan dan peningkatan kewirausahaan KPM PKH Baik itu yang masih dalam kepesertaan PKH ataupun yang telah di Graduasi Mandiri. “Target kami pada tahun 2020 Graduasi Mandiri PKH Kabupaten Labuhanbatu Utara meningkat 200 persen dari saat ini”.Ujarnya.

Penerima PKH Kabupaten Labuhanbatu Utara mulai Januari 2020 tinggal 10467 KPM.

-Daniel C Siahaan