Jokowi sebut pembebasan Ustaz Abu sudah dipertimbangkan sejak awal 2018

Ustaz Abu Bakar Baasyir dan Yusril Ihza Mahendra. FOTO: Antara/Yulius Akbar Wijaya.

JAKARTA, SSOL– Pengasuh Pondok Pesantren Almukmin, Ngruki, Sukoharjo Ustaz Abu Bakar Baasyir yang kini menjalani pidana kasus terorisme di Lapas Gunung Sindur, Bogor, bakal segera dibebaskan tanpa syarat pekan depan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembebasan terhadap Ustaz Abu dilakukan atas pertimbangan kemanusiaan.

Menurut Jokowi, Ustaz Abu saat ini sudah memasuki usia lanjut, yakni 81 tahun. Alhasil, kondisi kesehatan Baasyir semakin menurun. “Ya, yang pertama memang alasan kemanusiaan,” kata Jokowi seperti dikutip Antara di Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1).

Jokowi mengatakan, rencana pembebasan Baasyir sudah melalui proses pertimbangan yang panjang. Jokowi sudah berkonsultasi dengan Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian serta Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengenai hal ini.

Selain itu, dia sudah berdiskusi dengan sejumlah pakar dan penasihat hukumnya, Yusril Ihza Mahendra, terkait pembebasan Ustaz Abu. Hal tersebut telah dibahas sejak awal 2018. “Sudah pertimbangan lama. Sudah sejak awal tahun yang lalu,” kata Jokowi.

Jokowi pun telah mempertimbangkan dampak atau ancaman yang timbul dari pembebasan tersebut. Hanya saja, Presiden tetap menjadikan alasan kemanusiaan sebagai faktor utama pembebasan Baasyir.

Sebelumnya, Yusril Ihza Mahendra menyebutkan Ustaz Abu Bakar  Baasyir bakal dibebaskan karena pertimbangan kemanusiaan. Dengan usia lanjut dan keadaan sakit, Baasyir memerlukan perawatan lebih lanjut.

Selain itu, Ustaz Abu juga sudah menjalani pidana kurungan selama sembilan tahun. Dengan demikian, Baasyir telah menjalani dua pertiga masa tahanan dari putusan 15 tahun penjara pada 2011 karena terbukti menjadi perencana dan penyandang dana pelatihan kelompok bersenjata di pegunungan Jantho, Aceh, pada 2010.

Yusril menegaskan bahwa Jokowi membebaskan Ustaz Abu tanpa syarat yang memberatkan. Ustaz Abu sudah menerima tawaran bebas ini. Bahkan, Yusril menyebut Baasyir tak akan melakukan aktivitas apapun, termasuk menerima tamu dan berceramah. “Yang penting dekat dengan keluarga,” kata Yusril.[]

Editor: Rakisa