Jamontang Simarmata: Rapidin Simbolon Itu Berfalsafah Jolo Serser Asa Anjak

Pangururan, SSOL- Tokoh masyarakat Samosir Jamontang Simarmata, 66 tahun, menilai kepemimpinan Bupati Samosir Rapidin Simbolon berfalsafah Jolo Serser Asa Anjak. Artinya, selesaikan atau bereskan dulu dirimu baru orang lain.

Dikaitkan dengan pembangunan di Samosir, artinya, kerjakan dulu atau selesaikan dulu yang kecil-kecil, yang menyentuh rakyat kecil, baru yang besar karena pembangunan itu akan ber-multiplayer effect, bias ke mana-mana.

Dalam perbincangan panjang lebar dengan berbagai media di Simpang Pareman, Pangururan, di posko warkopnya, Selasa (29/10) Jamontang mengibaratkan jolo serser itu dengan umpasa sukun mula hata sise mula uhum.

Banyak orang yang menyoal beronjong di kawasan Jalan Putri Lopian dengan berbagai komentar, tapi bagi Simarmata, ia mengamati dampak beronjong itu dewasa ini sudah membuahkan manfaat yang besar bagi rakyat Samosir. Tiap hari pangkail bisa membawa ikan dari tepian beronjong itu sekitar 30 kg per hari. Ini kan kebanggaan tersendiri bagi rakyat yang setiap hari memancing di dekat Mapolres Samosir – Onan Baru itu. Simarmata juga tidak bisa membayangkan bagaimana nanti luarbiasanya rencana pemkab / pemerintah pusat dengan proyek yang bertajuk Pangururan City Waterfront itu dan olahraga paginya.

Penasehat Perkasa (Persatuan par-Anduhur) se-Kabupaten Samosir itu – yang beranggotakan lebih dari 400-an orang – juga menilai Rapidin – Juang Sinaga sebagai pemimpin yang bekerja terus dengan yang kecil-kecil dulu dan berkesinambungan dan ini dia, tidak marangan-angan.

Beda Rapidin dengan yang lain, sambung Jamontang, Rapidin dinilainya berani berbuat dengan motto: Salah Do Au Mambaen Nauli?

Maksud Jamontang, yang dulunya juga ASN itu, Rapidin tidak terlalu kaku dengan terobosan baru tapi bukan berarti mau melabrak ketentuan perundangan yang berlaku. “Delivered do, dang holan send, dicek mada tu lapangan”, puji Simarmata yang tahu betul Rapidin selalu memonitor pembangunan yang sedang berjalan sekarang ini.
Tanpa mengenal lelah termasuk untuk kunjungan ke luar kota dan Jakarta.

Semua ulaon itu dilakukan RapBerjuang disimpulkan Jamontang Simarmata adalah untuk kemakmuran rakyat kecil yang sebesar-besarnya.

Efendy Naibaho