Irsan Efendi “Jangan Panik, Ikut Himbauan Yang Telah Dianjurkan Pemerintah”

Padangsidimpuan, SSOL.COM-Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution kembali menegaskan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), benar-benar siap menangani pasien suspect
“Kami tegaskan kembali, bahwasanya RSUD Padangsidimpuan sudah sangat siap apabila ditemukan kasus virus corona di daerah kita,” ungkap Irsan, disela meninjau kesiap siagaan pihak RSUD, pada Minggu  (22/3/2020) pagi.
Didampingi Ketua Gugus Tugas percepatan Penanganan corona virus disease (Covid-19), Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo, dan asisten. Walikota mengecek langsung perangkat alat pelindung diri (APD) penanganan Covid-19.
Kepada Walikota, pihak RSUD menyebut, ada 70 set APD yang nantinya akan digunakan para tenaga medis saat menangani pasien suspect Covid-19. Meliputi pakaian khusus (cover all), sepatu, masker, kacamata, topi, sarung tangan.
Sesuai standart operation prosedur (SOP), APD ini hanya bisa digunakan sekali pakai, selepas menangani pasien suspect Covid-19 di ruang isolasi. Alasannya, karena ruangan isolasi telah turut terkontaminasi oleh kuman dari si pasien.
“Kendati perhari ini Sidimpuan masih negatif Covid-19, namun kita tetap siap siaga hadapi wabah tersebut. Pemkot berupaya maksimal dengan mengambil langkah-langkah strategis untuk melindungi warganya,” sebut Irsan.
Walikota mengajak kerjasama dari semua pihak menyikapi isu wabah Covid-19 ini. Jangan panik, namun tetap waspada. Hindari tempat keramaian atau berdiam diri di rumah. Bersatu padu memproteksi Padangsidimpuan.
“Disamping itu saya juga meminta setiap orang agar tidak memberikan pernyataan-pernyataan meresahkan ke tengah-tengah masyarakat. Hal ini sangatlah perlu, agar masyarakat kita tidak resah dan tetap tenang,” pungkas dia.
Menjawab dijadikannya RSUD Inanta sebagai salah satu rumah sakit rujukan tambahan atas penanganan Covid-19 oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara baru-baru ini, Walikota sangat menyambut baik penghunjukan tersebut.
“Kalau kemudian ada keputusan pemerintah menambah RSU lainnya dalam hal penanganan kasus Covid-19 di Padangsidimpuan setelah RSUD, saya pikir itu sangat bagus. Tentu hal itu semakin menambah kesiapsiagaan kita hadapi wabah virus corona,” ujarnya dengan nada semangat.
Martin Gabe.