HSP ke 91th di peringati dengan hikmat di Stadion HM.Nurdin Padangsidimpuan

Padangsidimpuan, SSOL-Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) merupakan hari yang sangat bersejarah dalam perjuangan bangsa Indonesia, diperingati setiap tahun tepatnya pada tanggal 28 Oktober tiap tahunnya.

Hari ini, Senin 28 Oktober 2019 di seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memperingati HSP ke 91 dengan berbagai kegiatan. Di Kota Padangsidimpuan dalam rangka peringatannya Pemerintah setempat menggelar upacara pengibaran merah putih yang dipusatkan di Stadion H.M Nurdin Padangsidimpuan sekira pukul 08.00. Wib, dengan panitianya dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga serta DPD KNPI kota Padangsidimpuan.

Upacara berlangsung khidmat dipimpin oleh Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution SH yang ( bertindak sebagai Inspektur Upacara) , dihadiri Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. Arwin Siregar, ketua DPRD Siwan Siswanto, dan pimpinan Forkopimda lainnya, Ketua TP PKK, Ketua Dharmawanita Persatuan Padangsidimpuan, Sekdakot, para pejabat Eselon II, III Dan IV dilingkungan Kota Padangsidimpuan, Ormas, Organisasi kepemudaan dan Organisasi kemahasiswaan Serta para pelajar di Kota Padangsidimpuan.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91th 2019 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution,SH diantaranya menyampaikan tema “Bersatu Kita Maju” sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju.
“Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.” sebut Irsan yang pernah menjabat 3 priode Ketua KNPI kabupaten Tapsel ini.

Usai Upacara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Walikota Padangsidimpuan yang didampingi Wakil Walikota Padangsidimpuan dan yang mewakili Organisasi Pemuda oleh Andi Lumalo selaku Ketua KNPI Kota Padangsidimpuan.

Martin Gabe.